Ramadan atau Ramadhan

Pic by TribunNews

Kasamago.com – – Bulan suci tahun 1439 H tahun 2018 kali ini ada sesuatu hal yang mungkin dianggap sepele nan mungil akan tetapi cukup sangat mengusik kenyamanan batin saya, yakni penulisan kata Ramadan dan Ramadhan.

Setahu saya dan sekebiasaan yang sudah sudah, penggunaan kata Ramadhan lah yang umum, tepat dan erat. Meski secara homofon nya sama namun penulisan yang berbeda tentu memiliki pemaknaan yang lain.

Sekarang, kata Ramadan justru yang dipilih media elektronik dan cetak untuk digelorakan secara masif dalam konten dan judulnya meski tidak semua nya karena ada media yang konsisten dengan kata Ramadhan dan terkadang ada yang berubah ubah, judulnya pake kata Ramadan isinya Ramadhan dan sebaliknya.

Apakah penggunaan Kata Ramadan tanpa H ini akan menghilangkan makna dan arti sebenarnya, entahlah.. saya sendiri berpendapat esensinya dan tujuan tetap masuk, jelas tapi kurang sreg atau serasa ada yang sedikit diluruskan.

Last, apapun itu yang utama adalah bagaimanan mampu menjalankan ibadah puasa di bulan suci ramadhan sebaik baiknya dan tetap konsisten. Semoga di bulan suci berikutnya, kata Ramadhan lah yang dominan di pilih media. Amin

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *