Rancangan Pesawat N245 dirilis PT DI – Inilah sang N250 reborn ?

Kasamago.com – – Project Roadmap PT Dirgantara Indonesia (dulu IPTN) begitu panjang, menantang dan penuh tantangan. Setelah sukses  me Roll Out Pesawat terbang perintis, N219 ke publik tanah air, kembali PT DI bersama Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (LAPAN) memperkenalkan calon mahakarya terbarunya, N245 versi pengembangan dari pesawat CN235 yang diharapkan mampu meneruskan kembali cita cita sang Gatotkaca N250.

Selain PT DI, dipihak swasta Regio Aviasi Industri milik Ilham Habibie tengah merancang pesawat dengan kapasitas sejenis, R80. Keduanya kelak diharapkan menjadi pembalik kebangkitan kembali era keemasan Industri dirgantara nasional ketika N250 tercipta.

About N-245

N-245 dikembangkan dari CN-235 yang mampu mengangkut 50 penumpang dan dirancang untuk memenuhi kategori transportasi CASR 25 .N-245 akan menjadi penjembatan diantara kelas Transportasi Perintis dan Pesawat Jet 100 penumpang.  Menggunakan desain futursitik yang mengedepankan efisiensi konsumsi bahan bakar, flight deck canggih yang memberikan jaminan kenyamanan pada Pilot dan penumpang.

Perbedaannya dengan CN-235 adalah Mesin yang lebih baru, badannya lebih panjang, penggunakan T Tail Shape, dan tanpa Ramp Door. Saingan terberat di pasaran bagi N-245 adalah ATR42-600, Dash8-300¸dan M-60.

Batu Lonjatan

Jika N219 dan N245 sukses mengangkasa dan dipasarkan, maka tinggal menanti kehadiran R-80 atau N-270 (Keduanya berkapasitas mirip dan dikerjakan juga oleh PT DI, kemungkinan harus memilih salah satu mana yang layak dikembangkan). Secara teknis, optimisme dan keyakinan tak mungkin hilang kepada kepiawaian putra putri bangsa meracik pesawat terbang, tantangan terbesar adalah intervensi politik seperti trageti N250 IPTN silam. Semoga saja, PT DI, Lapan dan pemerintah tetap berkaca pada masalalu kelam N250 agar tidak terulang kembali.

N2130

Setelah N270 atau R80 berhasil memenuhi kebutuhan transportasi udara nasional, maka selanjutnya adalah menggapai cita cita emas Industri dirgantara Nasional, yakni pesawat jet kelas 100 penumpang, N-2130 dan pesawat tempur generasi 4++ IFX yang bekerja sama dengan Korea Selatan.

Last, tak ada jalan yang tak mulus.. hambatan dan tantangan itu terus ada baik yang tak berwujud maupun berwujud, semoga PT DI, Lapan terus mengembangkan dan mewujudkan Pesawat-pesawat terbang produksi nasional kebanggaan bangsa. Sukses untuk N-219, N-245, R80 dan N2130.

Comments

comments

4 thoughts on “Rancangan Pesawat N245 dirilis PT DI – Inilah sang N250 reborn ?

  1. Salam kenal,
    Jadi ingat awal tahun 93, sering pulang malam karena ikut terlibat design cockpit pesawat N250 ini, yang paling menyedihkan adalah adanya intervensi politik dan ekonomi dari IMF yang membuat proyek ini mati, tapi setidaknya pengalaman design ini ternyata sangat dihargai di negara lain dan memberikan penghasilan yang sangat layak

    1. Salam kenal kembali..
      Jujur, saya sampe nangis mbah to ketika berkali kali melihat video Test Flight perdana N250 di Yutube.. pas kamera menunjukan dasbord kokpit nya.. Gila, Indonesia memang hebat !!

      Rasanya, Bkin Jet Tempur Ringan ,Pesawat Penumpang, Kapal Destroyer, LHD, Kasel.. Indonesia sudah pasti mampu asal tetap terlindungi dg aman dr politik dan sejenisnya..

      Terima Kasih Mbah To atas kunjungannya.. mhn kira nya berbagi kisah2 masa pengembangan N250 silam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *