Ready Player One dan Sindiran dari Steven Spielberg

Kasamago.com — Ready Player One, sebuah judul film yang menyita perhatian saya, pertama karena menjadi ajang Reuni Pop Culture, kedua ternyata di buat oleh sang sutradara favorit Steven Spielberg.

Intro

Ready Player One (RPO) adalah karya spesial bagi penggemar Pop Culture (Anime, Film, Komik, Game). Kaum milenial jelas menyambutnya dengan suka cita penuh gairah.

Ready Player One sekilas mirip anime Sword Art Online dengan device NerveGear nya, Entahlah jalan cerita RPO bikin saya dejavu berat. Plot ceritanya ringan namun berhasil di visualisasikan se epik mungkin, sekali lagi Spielberg jaminannya.

The Pop Culture

Beberapa karakter populer muncul berhamburan di RPO, yakni RoboCop, DeLorean (Back to the future), Kaneda Bike (Akira), Bat Mobile (TV Series original), KingKong, Iron Giant, Mortal Kombat, Ninja Turtles, HALO, Spawn, MechaGodzilla, dan surprise nya adalah si boneka iblis, Chucky. Belum lagi musik dan dialognya. This is the great Reunion !!

The Story

Bersetting di kota Colombus, Ohio tahun 2045, dunia saat itu tengah dikuasai Dunia virtual bernama OASIS, OASIS diciptakan tahun 2025 oleh James Halliday dan Ugden MorouOasis menjadi tempat dimana realitas hanya dibatasi Imajinasi, Via Oasis orang dapat melakukan apapun dan menjadi apapun dari kamar nya.

Berkat Oasis, Halliday meraih kekayaan luar biasa hingga wafat pada tahun 2040. Lalu muncul Video sayembara dari Halliday;

Sebelum meninggal, Halliday  membuat item bernama Telur Paskah dan membuat 3 kunci untuk menemukan nya. Untuk mendapatkan 3 kunci, Players harus menghadapi 3 tantangan. Siapa yang lolos dari 3 tantangan berhak mendapat Telur Paskah dari Anorak Almanac, avatar dari James Halliday. Ketiga tantangan tadi adalah Balapan, Labirin, dan bermain game Atari 2600.

Siapa yang berhasil mendapat Telur Paskah maka dia berhak mendapatkan saham, kekayaan James Halliday dan kontrol penuh atas OASIS.

The Players

Tokoh utama adalah Wade Owen Watts sebagai Player bernama Parsival (menurut saya mirip Squall Leonhart). Wade yatim piatu sejak kecil lalu hidup bersama bibi nya. Wade seperti players lain juga berjuang berburu Telur Paskah, pada tantangan balapan, Wade akhirnya mendapatkan kunci pertama.

Tak hanya Individu, sebuah perusahaan terbesar kedua di dunia, IOI (Innovative Online Industries) pun turut berburu Telur Paskah demi ambisi direktur nya Nolan Sorento. IOI memakai seluruh Resources yang dimiliki untuk meraih Telur Paskah, tapi selalu gagal.

Wade lalu diserang IOI, Bersama Players Artemis (Samantha Evelyn Cook), Aje (Helen), Daito (Toshiro) dan Shaw (Zoe), dan sang Kurator di perpustakaan OASIS. Wade alias Parsival perlahan namun pasti berhasil mendapatkan Telur Paskah yang mampu mengubah masa depan.

Conclusion

Terhenyak dan tersentuh, dua kata yang hadir dalam benak saya setelah menontonnya. Spielberg memang keren bin mantab, bak chief handal dalam meramu suatu masakan.

Intisari dari Ready Player One bukanlah keseruan bermain game sambil berburu hadiah, yang lebih esensial bagaimana memaknai dan menjalani kehidupan nyata dengan semestinya.

Dunia Nyata adalah Satu satunya Hal yang nyata

Skor 4.9/5 ~ Gila, dimana lagi bisa lihat duel Gundam RX-78 dan Iron Giant melawan MechaGodzilla.. !!

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *