Resensi Buku : Usut Tuntas Dugaan Korupsi Ahok

KorupsiAhok
Pic by Forumriau.com

Judul Buku : Usut Tuntas Dugaan Korupsi Ahok Menuntut Keadilan untuk Rakyat

Pengarang  : Marwan Batubara

Halaman    : 282 Halaman

Kota Terbit : Jakarta

Penerbit     : YPSI (Yayasan Pengkajian Sumberdaya Indonesia)

Virus Korupsi seolah telah menjadi bahaya laten yang senantiasa mengancam arah dan proses pembangungan bangsa Indonesia. Virus Korupsi tersebut kini terindikasi menjangkiti salah satu tokoh politik tanah air yang namanya begitu fenomenal, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Sejak Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) menjabat wakil Gubernur DKI Jakarta dan lantas naik menjadi Gubernur DKI Jakarta menggantikan Joko Widodo, sosoknya kian populer diseantero negeri berkat pemberitaan masif dari media masa, elektronik dan pendukungnya via media sosial.

Ahok di elu elukan sebagai pribadi yang baik, tegas, dan profesional sehingga sebagian masyarakat mempercayainya sebagai sosok yang anti korupsi, bersih, jujur, berani dan profesional. Di dukung langsung oleh Presiden Jokowi dan sejumlah kekuatan politik membuat Ahok kian mantab menghadapi Pilkada DKI Jakarta 2017 – 2021.

Namun sesuai pepatah klasik “tiada manusia yang sempurna”, dalam kiprahnya sebagai Gubernur DKI Jakarta, Ahok rutin menghadirkan kebijakan kontroversial yang mengundang polemik pro dan kontra. Bahkan kiprahnya mulai terjangkiti dugaan virus Korupsi. Kasus demi kasus menimpanya, hingga Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah beberapa kali melakukan pemeriksaan atas beberapa kasus dugaan korupsi yang melibatkan Ahok.

Berangkat dari permasalahan ini, Dr. Marwan Batubara mantan anggota DPD RI (2009 – 2014) mewakili DKI Jakarta dan kini Direktur Eksekutif IRESS (Indonesian Resources Studies) membuat Buku “Usut Tuntas Dugaan Korupsi Ahok Menuntut Keadilan untuk Rakyat”.

Buku ini terdiri dari 14 Bab, mulai dari Bab Pendahuluan lalu Bab tentang kasus yang melibatkan Ahok, Yakni : Kasus RS Sumber Waras, Lahan BMW, Tanah Cengkareng Barat, Penyelewangan Dana CSR, Dana Non-Budgeter, Korupsi di Belitung Timur ,Reklamasi Teluk Jakarta hingga bab terkait dukungan penguasa dan konglomerat terhadap Ahok yang memunculkan Aksi Bela Islam yang dimotori GNPF MUI.

Informasi yang disajikan dalam buku ini begitu gamblang, mudah dimengerti disertai sumber referensinya sehingga dapat menjadi bahan kajian lebih lanjut. Buku ini ditujukan pada masyarakat agar kritis terhadap sosok ,Pihak Pemerintah dan Aparat Penegak Hukum seperti KPK yang seolah tak berkutik dihadapan Ahok.

Jika tidak ada tindakan apapun terhadap dugaan kasus Korupsi yang melibatkan Ahok, dipastikan Kasus ini akan menjadi BLBI dan Skandal Century berikutnya. Last, membaca buku ini kita akan diperkenalkan dengan berbagai Kasus dan insiden yang menjerat Ahok secara terperinci dimana dari penjelasan nya akan semakin memperkarya wawasan dan pengetahuan kita.

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *