Review Film : The 5th Wave

Kasamago.com – – Menonton film di Bioskop menjadi wahana yang terpilih untuk menghilangkan rasa penat karena kesibukan sehari-hari Teman saya,   Karena merasa Kungfu Panda 3 telah tayang di Bioskop tanah air, sang teman pun mendadak menjadi sponsor utama event nonton bareng sehingga mengajak saya dan dua orang lainnya untuk menemaninya menonton di Bioskop. Jadwal pemutaran 9 malam terpaksa dipilih karena terbawa perasaan tak sabar untuk segera menyaksikan aksi kocak Jagoan Gendut ‘Po’ dalam Kungfu Panda 3.

Seperti biasa, kehidupan tak selamanya mulus, kalau mulus balapan Off road dan Rally dakkar tak pernah digelar. Sesampainya di Gedung Bioskop kota terkasih, Kungfu Panda ternyata masih berstatus Coming Soon alias belum tayang di Bioskop-bioskop seluruh dunia. Sudah kepalang tanggung untuk mengobati rasa penat dengan nonton bareng di Bioskop, Rencana B yang awalnya tak pernah dibayangkan akhirnya direalisasikan juga. Di jadwal hanya ada 3 film yang tayang, yakni Vision, The 5th Wave dan Hateful Eight. Ketiga nya benar-benar film Gak Jelas, karena memang gaung filmnya sangat minim promosi, kalah dengan pamor Captain America dan Batman vs Superman.

Dari ketiganya, hanya The 5th wave yang masih dapat saya kenali karena pernah membaca sinopsis nya disebuat surat kabar, selain itu the 5th Wave menghadirkan pemeran utama yang sudah sangat tak asing lagi. Si Imut, Blonde abis dan bibir yang super hot, Chole Grace Moretz yang bersinar namanya melalui film Kick Ass. Kecantikan dan kesexyan Grace Moretz sudah digadang-gadang sejak dirinya masih bocah ingusan, dan kini terbukti paras dan body lebih sexy dari Megan Fox sekalipun. Bagi kaum Adam, silahkan buktikan sendiri sepanjang durasi 1 jam 52 menit mata anda saya jamin tak akan mampu melepaskan diri dari lengketnya sosok si Chole Grace Moretz ini.

Film ini merupakan adaptasi dari Novel The 5th Wave karya Rick Vancey yang terbit pada Tahun 2013 lalu. Trend adaptasi Novel memang tak pernah surut setelah seri Harry Potter, Twilight, apalagi yang bergenre Young Adult Dysthopia (Kehidupan pasca Kiamat Kecil) seperti The Hunger Games dan The Maze Runner mengalami kesuksesan. Seolah ingin turut pula meraup sukses seperti film adaptasi novel lainnya, Sutradara J Blakeson lantas mengadaptasi Novel The 5th Wave ke layar lebar dengan budget yang sangat tipis untuk ukuran dompet Hollywood yakni 38 Juta US dolar saja.

The 5th Wave berkisah tentang serangkaian proses Invasi alien dengan tujuan menguasai bumi dan melenyapkan umat manusia secara bertahap, plot dan premis yang sudah sangat umum. Upaya Invasi alien ini dilakukan dalam 5 Gelombang (Wave) yakni :

  1. Pertama adalah mematikan listrik, mesin, dan peralatan elektronik (hanya kegelapan yang tersisa).
  2. Kedua (2nd Wave) adalah bencana Gempa Bumi dan Tsunami (hanya orang-orang beruntung yang lolos)
  3. Ketiga adalah Wabah Virus (hanya yang tidak beruntung yang bertahan),
  4. Keempat adalah penyusupan alien ke dalam wujud manusia (hanya ada satu peraturan: JANGAN PERCAYA PADA SIAPA PUN), dan
  5. Kelima (5th Wave) adalah membunuh seluruh manusia yang tersisa.

Meski belum pernah membaca Novelnya, Arah kemana film ini tertuju sudah dapat saya tebak dari awal karena memang plot nya sudah sangat familiar sekali. Chole Moretz yang berperan sebagai gadis SMA bernama Cassie Sullivan untuk berjuang menemukan adiknya, Sam Sullivan yang berada di sebuah Pangkalan Militer. Menempuh perjalanan sendiri dengan kondisi dunia yang telah porak poranda, tak ada energi, air bersih, makanan, dsb, Cassie harus bertahan hidup sendirian setelah Kedua Orang Tuanya tewas akibat Gelombang ketiga dan kedua.

Sayang ditengah perjalanan, Cassie harus kepayahan menghadapai The Others (Sebutan bagi Alien) yang menyamar sebagai manusia. Beruntung, Cassie ditolong oleh Pria misterus yang sangat ahli diberbagai hal. Bak pertemuan Bella Swan dengan Edward Cullen, sang Pria tersebut mengenalkan dirinya sebagai Evan Walker. Dengan bantuan Evan yang ternyata adalah Dermigod, makhluk setengah The Others dan manusia , Cassie akhirnya berhasil bersatu kembali bersama adiknya bahkan bertemu dengan Pria idolanya di SMU, Ben Parrish dan teman-temannya.

Last, dari awal menonton The 5th Wave ,saya kembali terngiang dengan film bersetting Dunia Pasca kehancuran seperti serial The Walking Dead, World War Z, Hunger Games dan Maze Runner. Bahkan perkembangan karakter dan benih jalinan cinta didalamnya sangat mirip dengan Segitiga Cinta Edward-Bella-Jacob dalam Twilight dan Katniss-Gale-Peeta dalam Hunger Games. Dengan ending yang sangat menggantung, saya sudah menebak bahwa the 5th Wave akan dirancang bersekuel seperti Hunger games dan Maze Runner.

Untung saja ada Aktris Chole Grace Moretz sebagai bintangnya, Bila tidak mungkin saya tetap meletakan Film the 5th Wave dalam daftar “Film 2016 yang belum akan ditonton”. Dan sialnya lagi Penonton diberi tebakan, siapa yang akan dipilih Cassie sebagai Kekasih nya ?? Ben atau Evan??

Skor : 3.75/5.0 – Cukup recomended, apalagi bagi penggemar si cantik Chole Grace Moretz.

Image : 5thwave.net

Comments

comments

4 Comments
    • kasamago
    • kasamago

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *