Review Singkat movie Gundala 2019

Gundala
Gundala – pic by Pikiran Rakyat

Kasamago.com – – Sekitar 2 tahun lalu, kalau tidak salah. Saya masih ingat sutradara Joko Anwar mempublish foto di twitter, sekepak keping sayap logam dimana pecinta superhero pasti dapat menebak sambil berteriak, Gundala !!

Tahun 2019 ini, clue itu terwujud dalam bentuk Gundala. Joko Anwar sekilas ingin mendobrak dan mempelopori kebangkitan kembali genre Superhero dalam dunia perfilman tanah air yang lama vakum.

INTRO

Awal nya, saya mengira Gundala akan menjadi film stand alone ,tetapi kehadiran entitas bernama Bumi Langit yang intens menggelorakan kembali Superhero Tanah air mengoyak segala nya. Bumi Langit memperkenalkan Jagat Sinema Bumi Langit, atau Bumi langit Cinematic Universe (BCU) layaknya Marvel dengan MCU nya. Keren !!

Gelombang euforia melanda, khususnya penggemar superhero tanah air. Kepiawaian Joko Anwar ,Bumi langit dan team nya dalam memasarakan film Gundala sungguh luar biasa, diawali dari poster, Trailer, iklan TV, media online, Program TV dan viralisasi oleh netizen menjadi senjata ampuh untuk menyedot animo masyarakat membeli tiket nonton Gundala. Tercatat, di hari ketiga penayangannya sejak Kamis 29 Agustus 2019 lalu, Gundala sudah menjaring 300 ribuan penonton lebih, dan mungkin saja dalam sebulan bisa tembus jutaan viewer. Subarashiii !

THE COSTUM

Gundala movie menjadi film besutan Joko Anwar yang pertama saya saksikan. Di plot sebagai film pembuka bagi superhero lain nya macam Godam, Tira, Sri Asih, Aquanus, dsb. Hype promosi Gundala yang dahsyat membuat nuansa high expectation sangat tinggi untuk Gundala, apalagi sebagai the First Superhero nya. Dan Joko Anwar sukses menyediakan ekpektasi tinggi itu pada penonton nya.

Secara Kostum, Gundala paling saya acungi jempol. Mengacu pada era milenial, keputusan Joko Anwar membuat desain Gundala sesuai trend masa kini, bergaya mirip  superhero Amerika: jaket kulit ,Decker, boot, sayap logam dan paling fenomenal, kacamata Google nya. Dan benar, Info nya, Kostum Gundala di buat oleh Studio Quantum Los Angeles yang pernah membuat kostum untuk DareDevil.

THE MOVIE

Joko Anwar membuat Gundala terasa unsur Down To Earth nya, mengedapakan unsur drama dan pencarian diri Sancaka sebelum dirinya siap menjadi Super Hero. Kalau saya bilang, mungkin seperti Batman Begins nya Christopher Nolan. Sang Calon Superhero di gojlok dahulu kehidupan nya dan terus merangkak maju hingga berada pada pilihan, keluar dari zona nyaman sebagai Superhero untuk membela orang orang tertindas atau tidak.

Last, Gundala mengumpulkan semua rasa dalam satu layar, ada drama, komedi, dan aksi, plus sinematografi Joko Anwar yang cukup ciamik sehingga membuat penonton makin antusias menyambut superhero selanjutnya ataupun Gundala 2 dimana mungkin sancaka meng Upgrade Kostum nya menjadi lebih Keren.

Skor : 4.7/5 ~ Pembuka yang manis

 

Comments

comments

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *