Saatnya Pindah Ibukota

Ibukota

Malaysia sukses memindahkan Ibukota nya ke Putrajaya.

Brasil sukses memindahkan ibu kota nya dari Rio de Janeiro ke Brasilia.

Kazakhstan sukses memindahkan ibu kota nya dari Almaty ke Astana.

Amerika Serikat sukses memisahkan Ibukota Washington DC dengan pusat perekenomiannya.

Jakarta semakin hari semakin letih menahan beban berat sebagai Ibukota Republik sekaligus menjadi episentrum atas segalanya (Center of Gravity). Beban Jakarta harus segera dikurangi atau dibagi jika tak ingin melihat raut wajah Jakarta terus menerus kepayahan.

Wacana pemindahan Ibu Kota Negara adalah suatu hal yang tak ada habisnya. Tetap terus bergulir tanpa jawaban yang pasti. Sejak era kepemimpinan Presiden Soekarno, Ibukota Republik diwacanakan dipindah ke luar jawa.

Pilihan jatuh pada kota Palangkaraya yang bebas bencana alam dan berposisi strategis berada di tengah tengah kepulauan Nusantara, namun karena berbagai pertimbangan, Jakarta tetap bertugas sebagai Ibukota Negara.

Wacana Palangkaraya gugur seiring tumbangnya Orde Lama. Di Jaman Presiden Soeharto, wacana pemindahan Ibukota kembali berkembang, saat itu muncul ide pemindahan Ibukota ke Jonggol di Kabupaten Bogor yang tak jauh dari Jakarta. Ide ini kembali menguap seiring jatuhnya Orde Baru.

Di masa Kepemimpinan Presiden SBY, kembali wacana pemindahan Ibukota mencuat. Beberapa kota dikaji untuk menjadi lokasi Ibukota Republik yang baru, namun hingga akhir masa jabatan Presiden SBY, wacana ini tetap sama, tak jelas.

Memiliki Ibukota negara yang indah, adem asri, tentram, tertib, bersih dan jauh dari hiruk pikuk pusat perekonomian diharapkan akan membawa kewibawaan Republik didalam dan diluar negeri. Kegiatan Politik dan penyampaian Aspirasi (unjuk rasa) tetap dapat berlangsung tanpa perlu dicampuri atau mengganggu kegiatan lain.

Meski masih wacana dan belum jelas , Ide Pemindahan Ibukota tetap wajib dikaji dan dilaksanakan. Jakarta harus diselamatkan dan diringankan beban nya. Ada banyak kota menarik di seluruh negeri ini yang sangat layak menyandang status Daerah Khusus Ibukota.

*All copyrights of Images belong to their respective owners

Comments

comments

2 Comments
    • kasamago

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *