SAMAR, Kostum canggih milik Sat 91 Kopassus

Kasamago.com – – Prajurit TNI dari Sat 81 Kopassus punya Kostum/seragam baru yang lebih canggih, tapi bukan secanggih Thermoptic Camouflage milik Motoko Kusanagi (GITS).

Seragam ini diberi nama SAMAR (Spektrum Acak Mata Adaptasi Rekayasa). Buatan Fairy Suryana, 44 tahun yang mampu membuat keberadaan personilnya hampir tak terlihat saat berada di hutan.

About SAMAR

SAMAR dipesan Sat 81 dengan spesifikasi khusus perang hutan yang sesuai dengan vegetasi alam dalam negeri. SAMAR ini telah didaftarkan dan memiliki hak cipta pada November 2012 di tangan Fairy.
Harapan kedepannya, seragam ini akan dipakai para prajurit yang memiliki spesialisasi perang hutan.

Fairy merancang camo SAMAR pada 2006/2007 dengan alasan ingin punya desain camo khusus TNI. Itu karena saat ini camo ‘Malvinas’ TNI atau yang diadopsi dari DPM (Disruptive Pattern Material) Inggris sejak 1983 tersebut kurang efektif dengan alam hutan tropis Indonesia.

Sejarah SAMAR

Bermodal program Adobe Photoshop Seri 6.0, Fairy mulai merancang camo impiannya yang terinspirasi dari lingkungan pepohonan disekitarnya yang didominasi warna hijau daun. Terciptalah 12 kombinasi warna hijau daun, sayangnya pihak percetakan saat itu hanya sanggup membuat 8 jenis warna
di antaranya Camo Green, Olive Drab, Foliage Green, Hitam, Coklat, Hijau Swedia, Camo Green 2, dan Camo Green 3.

Prototipe camo SAMAR pertama diciptakan Fairy bermotif pixel. Karenanya, dinamakan SAMAR Pixel. Jebolan Strayer University, Amerika Serikat (AS), 1992 – 1996 dengan gelar Bachelor of Business Administration (BBA) itu lantas menyempurnakan inovasinya. Sampai akhirnya tercipta camo SAMAR Kartika dan SAMAR Komando yang lebih dapat berkamuflase dan beradaptasi dengan vegetasi Indonesia.

Tahun 2011 dengan biaya sendiri, Fairy mulai mencetak kain SAMAR di bawah 500 meter lalu ditawarkan kepada rekan-rekannya di TNI, termasuk Kopassus. Sat 81 Gultor lantas tertarik dengan camo SAMAR Komando yang bisa beradaptasi di kawasan hutan tropis.

Jenis-jenis warna camo SAMAR bisa dilihat di website www.elemental.id

Fairy mengaku hanya sebagai inovator yang menciptakan camo SAMAR. seperti Crye Precision (perusahaan multicam creator, Red), pencipta camo tentara AS. Kemudian user (pengguna, Red) menawarkan ke rekanan (perusahaan, Red) seperti Tru-Spec (Atlanco) dan Blackhawk.

Komando dan Kartika

Perbedaan SAMAR Komando dan Kartika adalah SAMAR Komando punya pattern atau pola vertikal seperti darah mengalir. Corak ini juga lebih Camo Green atau hijau daun yang terdapat warna merah keungunan seperti darah.

Sementara SAMAR Kartika warna keunguan itu seperti coklat kayu atau dahan. Pattern-nya horizontal. ”SAMAR Kartika lebih ke Olive (Green, Red) atau warnanya sedikit kekuning-kuningan,” jelasnya.

Last, SAMAR dan rompi tempur SAKTI (Sistem Angkut Kelengkapan Tempur Individu) dapat menjadi kombinasi Gear tempur andalan Prajurit TNI. Selain itu, sepatu PDL prajurit pengguna SAMAR sebaiknya memiliki camo yang serupa sehingga lebih terlihat serasi.

Berharap kedepannya agar SAMAR dapat menjadi seragam standar umum TNI menggantikan DPM selama ini, sehingga tak hanya Alutsista yang mesti upgrade, seragam pun demikian.

Sumber/Referensi : indonesian_military

Comments

comments

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *