Sejarah keunikan Kabupaten Banyumas

Kasamago.com ,– Sejak kecil saya ga menyadari bahwa Kabupaten Banyumas memiliki keanehan, “Kenapa nama Ibukota dan Kabupaten nya tidak sama sepertidaerah lain?” .Kabupaten nya Banyumas tapi ibukota nya Purwokerto. Keanehan ini terjawab ketika dewasa saya membaca sejarah dibalik Keunikan Kabupaten Banyumas.

Namun bagi masyarakat yang belum tahu, masih menganggap Kabupaten Banyumas dan Kota Purwokerto adalah dua wilayah Pemerintahan yang berbeda. Setelah dijelaskan barulah.. Ooo.. unik.

Terbentuknya Karesidenan

Pasca Perang Jawa (1825 – 1830) yang dimenangkan Belanda, Kesultanan Surakarta menyerahkan wilayah Bagelen dan Banyumas sebagai barang gadaian karena Kesultanan Surakarta tidak mampu membayar biaya ganti rugi perang yang diminta belanda.
Setelah dikuasai Belanda, wilayah tersebut diubah menjadi Karesidenan yang di pimpin Asisten Residen dari Belanda. Karesidenan Banyumas terdiri dari 5 wilayah yaitu Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Ajibarang dan Majenang, setiap wilayah dipimpin oleh Bupati.

Peleburan Wilayah

Pada 1831 Kabupaten Majenang dilebur dengan Ajibarang karena Bupati nya sakit. Karena rawan bencana alam puting belitung, Kabupaten Ajibarang dipindah ke Purwokerto sehingga menjadi Kabupaten Purwokerto.

Penyatuan Banyumas dan Purwokerto

Pada 1837, terjadi Malese atau Krisis keuangan yang membuat Belanda kesulitan mengatur wilayah nya, sehingga diputuskan mengurangi satu wilayah di setiap Karesidenan di Pulau Jawa.

Salah satu imbasnya adalah digabungnya Kabupaten Banyumas dengan Kabupaten Purwokerto (Ada info sejarah lain : penggabungan terjadi karena Bupati Banyumas tidak memiliki penerus).

Dengan dihapuskannnya Kabupaten Purwokerto menjadi Kabupaten Banyumas, maka Purwokerto ditetapkan sebagai Ibukota Kabupaten sekaligus Ibukota Karesidenan.

Penggabungan kedua Pemerintahan menimbulkan peristiwa yang dicatat sejarah sebagai boyongan pendopo Si Panji. Pendapa Si Panji yang dipindah ke Purwokerto baru diresmikan pada 7 Januari 1937.

Itulah mengapa kabupaten Banyumas memilki keunikan tersendiri dibanding kabupaten lain di pulau jawa : berbeda nama kabupaten dan ibukota nya, memiliki dua alun alun, dua Lapas, dua pengadilan, dua kejaksaan dan dua pengadilan agama. Keunikan dan Keistimewaan yang layak menjadi kebanggaan masyarakatnya.

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *