Sejarah tercipta nya 4 negara China

China
China Hongkong Taiwan Macau – pic by colourbox

Kasamago.com – – Masih sedikit bersinggungan dengan Asian Games 2018, mungkin diluar sana masih ada sebagian publik yang masih asing dengan kehadiran 4 negara China, yakni China, Hongkong China, Macau China, dan China Taipei.

Tentu tidak ke 4 negara china tersebut tercipta secara begitu saja, ada latar sejarah panjang yang mendasari bagaimana bangsa china yang secara de Jure adalah satu China namun de Facto nya terdapat 4 negara berlabel China.

Seperti apakah sejarah terciptanya 4 negara china tersebut, berikut akan saya beberkan secara singkat padat dan semoga bermanfaat. Referensi berasal dari pengetahuan pribadi blogger akan sejarah china modern, detail lengkap nya dapat ditelusuri melalui situs beken Wikipedia.

Sejarah Tercipta nya 4 Negara China :

Republic of China (Taiwan / China Taipei)

Adalah Republik China, negara modern pertama bangsa china yang menggunakan nama resmi china. Didirikan oleh dr. Sun Yat Sen tahun 1912 setelah berhasil melakukan makar terhadap kekuasaan Dinasti Qing.

Republik China ber ibukota di Nanking (Beijing), dan menjadi salah satu sekutu Amerika dalam Perang Dunia II. Sebagai salah satu pemenang perang dunia II, Republik China bersama 4 negara sekutu lain nya didaulat menjadi dewan keamanan tetap PBB.

Tahun 1949 pecah perang saudara antara Kuomintang (Republik China) vs Komunis China pimpinan Mao Zedong. Republik China kalah, lalu melarikan diri ke Pulau Formosa (Taiwan) dan tetap eksis hingga kini.

Komunis China (Tiongkok) tetap menganggap Taiwan sebagai bagian China yang membangkang, disisi lain Taiwan mengklaim mereka lah penguasa China daratan yang sesungguhnya. Taiwan kini beribukota di Taipei.

People Republic of China (Tiongkok)

Penguasa daratan China saat ini, Berdiri pada 1949 setelah menang dalam perang saudara. Sejak tragedi tiananmen, China berbenah dari negara komunis terbelakang menjadi negara komunis bersistem pasar kapitalis. Hasilnya sektor ekonomi, teknologi, dan hankam nya melesat kan China sebagai negara Adidaya baru mengimbangi Amerika.

Hongkong China

Di abad 19, Dinasti Qing kalah perang melawan Kerajaan Inggris dalam perang Candu. Imbas kalah perang, Dinasti Qing harus menyerahkan Hong Kong untuk sebagai wilayah kekuasaan Inggris selama  100 tahun (1897 – 1997). Di bawah Inggris, Hong Kong berkembang menjadi negara maju layaknya eropa barat.

Tahun 1986 – 1988, China dan Inggris merancang masa depan Hongkong jika sudah dikembalikan dari Inggris ke China pada 1997. Hasilnya, Hongkong di tetapkan sebagai Special Administrative Region selama 40 tahun kedepan. Di pimpin Kepala Executive yang direstui China, secara Militer, Hongkong dibawah tanggung jawab militer China.

Macau China

Wilayah Macau disewakan pada Portugal tahun 1557 dalam suatu perjanjian dagang. Desember 1999, Macau dikembalikan kepada China dengan tetap diberi hak istimewa seperti Hong Kong.

Macau yang terletak di pesisir selatan China ini terkenal sebagai surga nya judi dan pariwisata.

Last, begitulah gambaran singkat tentang sejarah tercipta nya 4 negara China. Sebetulnya masih ada satu negara lagi, yakni Manchuria, negara china bentukan Jepang. Setelah Jepang kalah perang, negara ini pun bubar jalan.

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *