Sekigahara : Drama Perebutan Kekuasaan

Kasamago.com – – Jauh sebelum Perang Boshin yang menandakan di mulai nya Restorasi Meiji (1868) dan Kehancuran Keshogunana Tokugawa (Bakumatsu) (1867), serta jauh sesudah era Sengoku Jidai (1453 – 1573) tersebutlah sebuah perang yang tercatat sejarah Jepang sebagai babak penentu lahirnya pemerintahan Keshogunan.

Dialah Perang Sekigahara, Perang yang terjadi di wilayah Perfektur Gifu antara Pasukan Ieyasu Tokugawa melawan Ishida Mitsunari. Kisah prestisius dan sangat bersejarah ini di tulis kembali oleh Ryotaro Shiba yang kemudian diadaptasi ke layar lebar berjudul Sekigahara (26 Agustus 2017) dengan Masato Harada sebagai Sutradara.

The Movies

Sepeninggal Pemimpin Jepang, Hideyoshi Toyotomi alias Kampaku (Wakil Kaisar) muncul benih konflik baru. Pewaris tahta, Hideyori Toyotomi yang masih balita membuat celah bagi Pimpinan dewan Ieyasu Tokugawa untuk mengambil alih kekuasaan. Anggota Dewan Ishida Mitsunari yang setia dan berjanji menjaga Hideyori sebagai pewaris tahta mengecam rencana Tokugawa.

Drama pun terjadi, saling mengumpulkan kekuatan antara pihak Tokugawa dan Mitsunari mendominasi seluruh film. Sayang meski Mitsunari termasuk pemimpinan muda yang berkharisma, kelihaiannya dalam berdiplomasi dan menyatukan kekuatan dari berbagai klan masih kalah lihai dari Tokugawa.

Perang Sekigahara di tahun 1600 akhirnya dimenangkan Tokugawa akibat keputusan klan Kobayakawa memihak Tokugawa. sebanyak 160.000 prajurit terlibat dalam perang bersejarah ini. 3 Tahun pasca Sekigahara, Tokugawa memindahkan pusat Pemerintahan ke Edo (Tokyo).

Conclusion

Saya awalnya meragukan film ini, nyatanya Sekigahara adalam film yang serius digarap, se kolosal film Red Cliff nya China. Ditabur oleh aktor dan aktris ternama Jepang, menjadikan Sekigahara bak panggung entertainment yang super menghibur. Ada Junichi Okada (Mitsunari), Aktris cakep Kasumi Arimura (Hatsume), Masahiro Higashide (Kobayakawa) ,Kenichi Matsuyama sang L sebagai Naoe Kanetsugu, dan masih banyak lagi.

Last, Sekigahara sangat wajib dinikmati dan dikoleksi bagi penyuka sejarah jepang dan dorama, digarap dengan epic, musik dramatis, dan sinematografi yang menghibur.

Skor : 4.5/5

 

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *