Selamat Tinggal Smartphone Mewah/Premium

Kasamago.com — Seiring berkembangnya jaman dan perubahan teknologi di era digital yang  begitu fantastis turut mengubah skema dan peta kehidupan sosial masyarakat dalam interaksi serta pandangannya terhadap Gawai/Gadget. Salah satu gejolak Perubahan tersebut adalah mulai memudarnya Prestige masyarakat atas Gadget atau Smartphone papan atas alis Mewah/Premium.

Runtuhnya kewibawaan Smartphone Mewah sejalan dengan upaya Pemerintah mulai membiasakan Masyarakat dengan mengkonsumi Pertamax dan Pertalite, sedangkan Premium direncanakan akan segera di vonis pensiun.

Awal dan Akhir Kemewahan

Saya masih inget ketika di masa menjadi pelajar unyuu, Nokia tengah mencapai puncak kemashyurannya. Di masa itu, orang yang mengkalungkan Ponsel di lehernya adalah orang dari keluarga The Have. Pemilik Ponsel masih sangat jarang ditemui, selain kalangan berada, di lingkungan Birokrat mungkin hanya para Pejabat yang memiliki Ponsel. Itu di zaman awal Millenium, bergerak ke tahun berikutnya, sang Raja Nokia mengenalkan Ponsel N Series dan Communicatornya, dua seri ini adalah jajaran Ponsel mewah ekslusif dengan harganya yang belum umum dibayar cash.

DI masa ini pula lah, saya pertama kalinya sangat terpincut untuk memiliki Ponsel Gaming Nokia N-gage yang begitu revolusioner bentuknya. Di majalah game favorit saya, Hot Game banyak sekali review tentang ponsel gaming yang sebagian besar adalah ponsel mewah. Saat itu, hanya bisa berandai andai untuk memilikinya.

Perubahan drastis nan menusuk hadir ketika Perusahaan Apple, menelurkan iPhone dan Blackberry memasarkan produknya di tanah air. Itulah masa kejayaan jajaran ponsel berkelas Nokia jatuh berguguran menemui kelayuannya. Image Ponsel mewah segera beralih pada ponsel menawan, iPhone dan Blackberry yang bikin heboh jagat tanah air dengan Blakcberry messenger nya. Hanya orang berduit lah yang sanggup memilikinya, iPhone dan BB menjadi duo ponsel malaikat yang belum terjangkau masyarakat jelata.

Selamat Tinggal Kemewahan

Blackberry kolaps, menyisakan aplikasi BBM nya. Kabar ini begitu biasa karena sudah diprediksi banyak orang ketika Dunia dan seluruh masyarakat dari berbagai lapisan tengah bersuka cita, berbahagia atas merebaknya kepemilikan ponsel pintar berbasi Android, tingginya kenaikan kelas menengah tanah air turut melonjakan daya beli masyarakat akan ponsel. Berbagai produsen gadget baru bermunculan menawarkan segala keunggulannya, sehingga membuat banyak produsen papan atas harus mengelap keringatnya sendiri.

Apa pasal, di masa kini tinggal Samsung  yang dianggap menyediakan ponsel papan atas, sisanya masih abu abu karena belum dipasarkan. Dominasi samsung  atas ponsel premium pun belum tentu akan bertahan lama,karena sudah banyak ponsel berkekuatan premium dengan harga murah. Batas antara Ponsel Pemula dengan Premium kain memudar.

Gengsi punya ponsel mewah sudah tak mempan lagi, sekarang semua lapisan masyarakat telah memiliki ponsel dengan fitur identik hanya berbeda di merk dan kualitas nya. Punya ponsel mewah untuk di prestige kan rasanya sudah tak bahenol lagi.

Last, Hampir seluruh vendor yang sebelumnya turut mewarnai kompetisi Ponsel Premium seperti LG, Google Nexus, HTC, Sony, Huawei, Apple, Microsoft, Xiaomi, Motorola, Vivo, ZTE, belum ada kabar tentang pemasaran ponsel premium terbaru nya ke tanah air alias macet. Apakah pengaruh kebijakan TDKN atau hal lain ? kita lihat perkembangnnya di pasaran.

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *