Serba Minus Serba Nanggung

Kasamago.com – – Kengerian dan hambatan baru kembali menghampiri kehidupan jasmani saya, beberapa waktu lalu di kantor saya membudakan diri untuk pemerintah tiba tiba mendapatkan kunjungan dadakan dari sebuah Toko Optik dari Kabupaten Tetangga. Cek mata gratis pun menjadi senjata andalannya dalam menarik minat penghuni kantor yang memang maniak gratisan. Mendengar cek mata gratis, saya pun tertarik untuk memeriksa kondisi fisik mata karena penasaran apakah sang indera penglihatan masih dalam performa layak ataukah perlu di retrofit.

Setelah mengantri hanya 10 detik, saya pun dipersilahkan untuk membenamkan mata ke Auto Refractometer, seketika itupula keluarkan struk hasil pemeriksaan. Hasilnya, Kedua mata mengalami minus setengah.. Hadeuh.. Padahal 3 Tahun lalu saat cek mata di Rumah Sakit, kondisi normal. Memang sebuah sebab akibat dari ulah saya yang sering menggunakan mata jarak pendek (computer, gadget, buku), sedang jarak jauh selalu di anak tirikan. Akhirnya berbekal hasil cek mata ini maka langkah pencegahan ngedropnya keminusan mata di rencanakan; Atur kembali gaya hidup memakai Komputer, Gadget dan membaca dengan mengatur jarak aman 40 – 45 cm dalam cahaya yang cukup, Dongkrak jumlah Vitamin A dengan konsumsi wortel, rutinkan kembali pandangan jarak jauh dan istirahatkan mata ketika lelah.

Semoga saja langkah pengobatan dan pencegahan dini ini dapat saya lakukan dengan konsisten penuh, selain cara alami yang sudah teruji Pragmatis, Klinis, Alamis dan yang paling utama ekonomis. Ketimbang melakukan operasi medis pembedahan korena mata via Keratotomi radial, Keratotomi fotorefraktif (Laser Assisted Insitu Intermelar Keratomilieusis – LASIK) seharga satu unit smartphone android. Murah mana antara memanage ulang gaya hidup bermata ,malesnya memakai kacamata ataukah mengeluarkan kocek lebih untuk operasi. Selain cara diatas ada lagi obat alamiah lainnya namun belum teruji benar, yakni terapi lilin.. untuk metode ini silahkan kita praktikan sendiri dengan resiko dan manfaat masing masing.

Minus nya mata adalah salah satu dari sekian banyak problematika kesehatan jasmani yang saya hadapi dan yang sebelumnya belumlah dapat diatasi dengan baik. Mereka adalah Kebotakan Rambut, Agresifitas tumbuhnya Uban, Wajah kering nan kasar, Brewok yang gatal, rasa nyeri pada jari yang pernah remuk dan yang paling mengenaskan buncit perut dan tembemnya pipi saya. Yang terakhir adalah perjuangan paling berat, bagaikan usaha Muhammad Al Fatih menaklukan benteng Konstantinopel. Seluruh gangguan jasmani tersebut semuanya saya hadapi dengan serba nanggung, giat diawal melempem diakhir, jangan salahkan Tuhan kalau tak semuanya diatasi, diri sendiri adalah lawan berat yang sulit ditaklukan tanpa niat dan perjuangan gigih.

Tulisan ini adalah buah dari kegundahan pikiran untuk mengingatkan diri sendiri bahwa gaya hidup yang tak terkontrol dengan baik maka siap siap sajalah menghapai berbagai macam gangguan fisik, mengobati itu memalaskan banget sedang mencegah itu seringnya khilaf. Pengin mata sehat, tapi perlakukan terhadap mata sebaliknya, pengin perut six pack tapi hobi makan tengah malam dan jarang olahraga. Ada usaha ada hasil, semoga saja setelah tulisan ini saya posting, kegigihan, keuletan, ketekunan dan ketabahan akan senantiasa menemai saya menghadapi problematika jasmani dan bila ada yang senasib seirama dengan saya, mari berjuang bersama !!

 Pic by www.ff-xv.net

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *