SPARE PARTS , Bukti para pecundang mampu menggetarkan Dunia

The Best Drama Ever in 2015, So Inspiring Movie !!

Kasamago.com — Itulah teriakan dalam hati Saya ketika Tim Robotic Bawah Air (Underwater Robotic/ROV) dari Carl Hayden Community High School yang tak pernah diperhitungkan dalam kancang kompetisi nasional secara mengejutkan dan mengesankan didaulat para juri sebagai juara dengan pencapaian khusus (Special Achievment) sekaligus menjadi Juara pertama Kompetisi Robot Bawah laut Tingkat Universitas di Santa Barbara California.

Siapa yang tak akan tersentuh hati dan tercungkil bendungan air matanya setiap ada kisah haru biru perjuangan seorang atau sekelompok yang Nothing menjadi Something, Zero menjadi Hero, tukang bubur yang mampu naik haji dan sejenisnya. Kisah inspiratif seperti ini memang sangat layak dan potensial untuk angkat ke layar lebar dengan jargon abadinya, Based on True Story. Spare Parts, Mengisah perjuangan tim Robot bawah air dari SMU Carl Hayden Community, sebuah sekolah pinggiran yang didominasi kaum hispanik atau imigran dari Meksiko. Tim udik yang mampu mengalahkan tim elit dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), Kampus Teknik terbaik dunia dengan segala keterbatasan dan keunggulannya. Spare Part mengingatkan Saya dengan film bertensi serupa yakni Real Steel, Chef dan We are The Miller dimana kualitas drama nya sanggup membuat Saya syahdu menontonnya hingga akhir.

Kisah  Spare Parts dimulai dari usaha Tim Robot Carl Hayden Community Highschool yang disebut Carl Hayden Falcon Robotic membangun Robot Bawah Air (ROV) dalam event URC (Underwater Robot Competition). Terdiri dari Guru pembimbing dan 4 siswa “pecundang” imigran dari meksiko mereka adalah :

Dr. Fredi Cameron, Seorang engineer yang selalu berpindah pekerjaan demi menghilangkan kenangan pahitnya akibat kematian anak dan istrinya dalam sebuah Accident. Dr. Cameron lah yang senantiasa membimbing dan memupuk rasa persahabatan diantara ke 4 siswanya (Di Kisah Aslinya, Guru Pembimbing Tim Ini ada dua yakni Fredi dan Cameron, sepertinya penggabungannya dimaksudnya untuk efesiensi tokoh).

Oscar, Sang promotor, Sejak kecil Oscar sangat ingin mengabdi sebagai tentara Amerika,namun statusnya yang imigran gelap membuatnya tak memiliki akte kelahiran sebagai syarat, hidupnya dibayang bayangi oleh Petugas Imigrasi yang mencarinya untuk di deportasi.

Christian, Ahli program jenius, dialah yang membuat otak dan system kendali STINKY, Nama ROV yang dibuat oleh Tim ini.

Lorenzo, Ini dia ahli sang dewa Hardware / Mesin. Bertampang kucel dan kriminil, dipaksa Ayahnya untuk selalu menjaga adiknya yang urakan seumur hidup. Lorenzo sangat cerdas dalam menciptakan, merekayasa dan memperbaiki mesin. Dialah yang membangun rangka dan mesin STINKY.

Luis, Anggota yang paling bongsor. Sosoknya menakutkan tetapi luis sejati nya adalah siswa yang pendiam dan penyayang. Luislah yang selalu melindungi Christian dari kejaran pem Bully nya. Meski tak memilki kecerdasan seperti ketiga temannya, Luis selalu mengisi kekosongan diantara mereka.

Salah satu Adegan Klimaks adalah ketika Tim Carl Hadyen diwawancari dewan juri sebagai penilaian akhir. Tim Juri dikejutkan dengan pengakuan Tim ini yakni ketika peserta lain menghabiskan anggaran diatas 10 ribu dollar, Carl Hadyen hanya menghabiskan 800 Dolar (799, sekian sen Dollar). Kemenangan STINKY bukan karena mampu meraih point tertinggi, berkat kreatifitas Tim, Dengan Budget ala kadarnya, mereka harus mengolah otak dengan menggunakan bahan-bahan murah dan gratis disekitarnya, bahkan ketika otak Robot ROV yang bernama Stinky kebocoran, mereka menggunakan Tampon sebagai penambal. Yak. Spare Parts tak melulu serius, adegan paling lucu adalah ketika Lorenzo didapuk untuk membeli Tampon wanita di supermarket, serta kepolosan Luis atas kebohongan konyol yang dilakukan dr. Cameron, saksikan saja sendiri lah.

Well, Spare Parts adalah film drama yang wajib ada dalam daftar koleksi film anda. Film dengan latar kisah penuh inspirasi seperti ini memang sangat tidak layak untuk dilewatkan.

Skor : 4.7/5.0 – Mengesankan !!

Pic by Acentral.com

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *