Stadion Pakansari dan Keajaiban Timnas dalam AFF Suzuki Cup 2016

Kasamago.com – – Kolkolkolkolkolkoooll… goooll.. letupan khas komentator bola di inews teve menggema ketika bola yang dilepas pemain Timnas Indonesia menjebol Jala lawan. Rabu malam, 14 Desember 2016, Stadion Pakansari Cibinong Bogor menjadi saksi perjuangan Timnas Garuda membuka jalan meraih titel juara untuk pertama kalinya dalam sejarah AFF Suzuki Cup 2016, Kompetisi Sepak Bola antar negara ASEAN (dahulu bernama Tiger Cup).

Gemuruh asa dan kebahagiaan  meledak di stadion Pakansari, Stadion pengganti gelora Bung Karno yang sedang di renovasi demi event Asian Games 2018. Belum ada yang menyangka, Timnas Garuda yang sempat dianggap tim kuda hitam, underdog, non-unggulan bisa lolos dari penyisihan hingga melaju ke babak final. Mungkin mlihat cara bermain timnas dengan performa “tak diperhitungkan” sebagian pihak termasuk saya sendiri menduga timnas menang karena faktor luck. Ketika diungkapkan ke teman saya, sang teman sebagai penggemar bola betulan bukan musiman seperti saya sontak melayangkan nota protes. Timnas menang karen berjuang, skill sudah mumpuni tinggal mental yang berbicara !

Babak yang bikin Jantungan

Masih ingat, bertempat di Filipina sebagai Tuan rumah laga AFF Suzuki Cup 2016, dalam Thailand vs Indonesia saya hanya menontan sekilas, tak utuh karena ragu timnas Garuda mampu menghajar Timnas Gajah Putih. Eh kaget saya begitu esoknya mmbca berita timnas kita mmpu mlesatkn 2 gol k jala thailand mski klh 4-2. Berikutnya lawan singapura, begitu melihat permainan timnas masih kurang cantik dibabak kedua, Saya pun ganti channel.  Sakit rasanya kalo timnas sampe tunduk melawan timnas upil singapur.. Eh ketika  jam pertandingan selese, saya baca berita lagi timnas berhasil menahan imbang 1- 1.
Wonderfull.. Akhirnya Timnas lolos ke semi final. Rasa antusias dan optimisme pada Timnas Garuda pun meledak di laga Indonesia vs vietnam. Di leg pertama stadion pakansari, Saya tak menonton keseluruhan.. Baca berita lagi, mantab. Timnas garuda menang atas Vietnam 2 – 1. Yess..
Di leg kedua Indonesia vs vietnam dstadion My Dinh Hanoi, Inilah babak yang bikin sport Jantung, dada terasa mendidih, Umpatan kekecewaan saya lontarkan kepada TV yang tak berdosa. Ketika Indonesia tengah unggul segalanya atas Vietnam ditengah kepungan suporter Vietnam, justru Timnas mempertontonkan permainan yang begitu tidak diharapkan. Dimenit 70an ketika Vietnam unggul 2 -1 atas Indonesia, Saya ga kuat dan terpaksa matikan TV. Baca berita lagi, eh Indonesia berhasil menahan imbang 2 -2, lolos dah ke babak Final. . Thx to Andik, Manahati, rizki pora, Hansamu, Lilipaly, kurnia meiga dkk.

Babak pertama kaku, babak kedua lincah

Laga yang ditunggu akhirnya tiba, Thailand menjadi lawan Timnas Garuda dibabak Final, kejadian serupa yang pernah terulang kembali saat AFF Suzuki Cup 2010, Indonesia dan Malaysia bertemu dulu di penyisihan lalu bertemu kembali di babak Final. Dalam AFF Suzuki Cup kali ini, Timnas Thailand adalah sang idola, suprerior dan paling diunggulkan berkat penampilan cemerlangnya sejak penyisihan.
Kembali stadionPakansari menjadi pusat perhatian nasional, Timnas Garuda bertempur habis habisan melawan Timnas Gajah Putih. Striker populer Thailand, Teerasil Dangda membuka skor pertama kali dimenit 33. Indonesia tertinggal hingga turun minum, dibabak pertama performa Timnas masih belum menggedor. Dibabak kedua lah, sama seperti pertandingan sebelumnya, Timnas seolah mendapat energy drink extra, bermain lebih menarik dan terarah. Konon Pelatih Riedls sempat marah pada para pemain di ruang ganti. Benar saja, dibabak kedua Timnas memang tampil epik. Akhirnya apa yang ditunggu kita hadir, Rizki Pora berhasil membobol jala Thailand dimenit 66, disusul 4 menit kemudian Hansamu Yama melesatkan gol dengan sundulannya.
Hingga peluit panjang ditiup wasit asal Jepang yang terkenal tegas, Jumpei Lida. para pemain Timnas terus memberikan performa yang gak bikin saya membanting remote tv. Top Markotop pokoknya, walau ada catatan miring untuk performa Zulham Zamrun. Kemenangan untuk Indonesia 2 -1 atas Thailand !!
Tinggal selangkah lagi, sejarah akan terukir oleh Timnas Garuda Indonesia. Namun Ingat, jangan sampai euforia kemenangan ini mengganggu performa Timnas saat laga tandang di Stadion Rajamangala Bangkok, Thailand. Sang pelatih dan para pemain Timnas seperti siap memberikan kejutan dan serangan pembalasan yang tiada ampun.
Last, Semoga Timnas Garuda mampu menjawab kejutan dan serangan balasan Thailand di leg 2 nanti dengan mempertahankan atau menambah pundi skor. Saatnya Pujian sebagai Spesialis RunnerUp diganti menjadi jawara di ajang AFF Suzuki Cup. Indonesia Bisa !!!
Image : Merdeka.com

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *