Star Wars The Force Awakens, Sesuai Harapan !!

Kasamago.com – – Gila ! Sungguh mulut terasa terkunci, Mata terpana dan hati bergetar serasa bertemu dengan sosok yang sangat dirindukan, itulah Perasaan saya ketika mendengarkan kembali Theme Song Iconik Star Wars bergema di layar lebar. Penantian Panjang, hasrat terpendam sejak Star Wars Revenge of the Sith, dan perjalanan penuh lika liku menuju gedung bioskop terbayar sudah dengan hasil yang sesuai dengan ekpektasi.

Kylo Ren (Adam Driver) sang Antagonis utama ternyata adalah Putra Hans Solo (Harrison Ford) dan Princess Leia Organa (Carrie Fisher ) !! Dugaan yang selama ini merasakan bahwa Ren memiliki darah Darth Vader terbukti benar. Sutradara J.J. Abrams memenuhi janjinya memberikan sebuah kejutan akhir tahun bagi penonton Star Wars !, termasuk dengan hadirnya ketiga bintang utama Star Wars lawas.

Adanya karakter keturunan Luke Skywalker (Mark Hamill) dan Hans Solo membuktikan pula bahwa Plot The Force Awakens mengacu pada kisah Star Wars versi Extended Universe (UE) yang mengisahkan sepak terjang para keturunan Luke dan Solo. Bedanya, di UE Hans Solo memiliki sepasang putra putri kembar dimana sang putra memilih sisi kegelapan karena terinspirasi oleh sosok Kakeknya, Darth Vader. Sedang Luke memiliki seorang putra tunggal. Dalam the Force Awakens, anak luke adalah seorang Perempuan bernama Rey (Daisy Ridley)* CMIIW yang di plot menjadi tokoh utama nya.

The Story

Kisah The Force Awakens di mulai dari sebuah tempat, dimana Poe Dameron ( Oscar Isaac) seorang pilot Armada X Wing Resistence diserbu oleh First Order, sebuah organisasi kejahatan baru pasca Galatic Empire. Yang dipimpin oleh Supreme Leader Snoke (mirip Kaisar Palpatine). Pasukan StormTrooper menghancurkan tempat tersebut dan menangkap Poe, sebelum ditangkap Poe mengungsikan sebuah Chip berisi Peta keberadaan Luke Skywalker pada Droid BB-8. Luke yang hilang entah kemana, sangat diperlukan Resistence untuk membantu menumbangkan First Order. Kylo Ren lantas diberi tugas untuk memburu Peta tersebut sebelum pihak Resistence menemukannya lebih dulu.

Di Planet Jakku, seorang pemburu Rongsok, Rey bertemu dengan Droid BB-8 yang membawa Peta Rahasia tersebut. Sejurus kemudian berkenalan dengan Desertiran Stormtrooper bernama FN-2187, setelah menyelamatkan Poe dari markas First Order, Poe menamai FN-2187 sebagai Finn ( John Boyega). Berawal dari pertemuan Rey ,BB 8 dan Finn ini lah petualangan menyelamatkan Peta Lokasi Luke Skywalker dari kejaran First Order di mulai.

Kylo Ren, Sith
collider.com

The Character

Secara keseluruhan The Force Awakens berhasil memenuhi Ekspektasi Saya terhadap seri pembuka kelahiran kembali Saga Star Wars. Namun sayang, tak ada yang sempurna, ada point point yang cukup mengganggu terutama bagi ketiga Pemeran baru Protagonis. Interaksi antara Poe dan Finn terasa sangat kaku dan sangat singkat, kesannya menjadi seperti dipaksakan termasuk juga Interaksi Finn dan Rey juga dieksekusi terlalu terburu buru.

Situasi lebih baik ketika Finn beradu akting dengan Hans Solo, cukup baik dan menghibur melihat tingkah Finn ketika bersama sang aktor kawakan. Sedangkan Peran Klyo Ren cukup berhasil menghadirkan kembali aura kegelapan Darth Vader. Di penghujung Film, penonton harus rela dan rela menyaksikan Jagoan Legendarisnya di bunuh oleh anaknya sendiri, praktis the Force Awakens menjadi panggung terakhir Harrison Ford memerankan karakter Hans Solo.

The New Death Star: Star Killer

Bisa kita rasakan, bahwa plot pembuka The Force Awakens seolah mirip dengan Episode IV : A New Hope; Ada objek penting yang diburu lawan, lalu disembunyikan pada Droid, sang droid lantas bertemu dengan tokoh utama yang kelak menjadi penyelamat galaxy dan seterusnya. Jika dalam a New Hope ada Death Star, maka di the Force Awakens adalah Death Star versi terbaru, tercanggih dan terbesar, Star Killer Base.

Baik Death Star atau Star Killer adalah senjuta penghancur planet berkecepatan cahaya, Jika Death Star berbentuk Planet Buatan, Star Killer adalah Planet Raksasa yang dimodif menjadi senjata mengerikan sekaligus markas First Order. Kengerian Tembakan Star Killer di buktikan dengan melenyapkan seluruh Planet dan Armada Perang milik Republik.

The Force

Visualisasi kekuatan The Force sungguh terasa epik dan magis, di awal film penonton diperlihatkan kekuatan The Force Klyo Ren yang menghentikan Tembakan Laser dan gerakan Poe Doemon. Kemudian taburan efek gemuruh ketika Kylo Ren menggunakan The Force nya untuk mengorek informasi dari otak lawannya. Rey yang memiliki darah Jedi dalam tubuhnya mulai mengetahui kekuatan The Force nya kita tengah diinterogasi oleh Kylo Ren. Upaya Ren menguasi pikiran Rey justru membangkitkan kekuatan The Force nya. Ren pun menemukan lawan yang seimbang ! di akhir film, Rey yang marah akibat ulah Ren berhasil memaksimalkan kekuatan The Force nya dan mengalahkan Rey dalam duel Lightsaber.

Well, Star Wars The Force awakens sukses membuat Mata saya tak mengantuk dari awal hingga akhir. Banyak hal keren yang ditampilkan guna memanjakan para Fans Star Wars: New X Wing, Droid BB-8 yang lucu, Visual Effect yang lebih baik, Tembak tembakan laser, Duel Lightsaber dan lainnya.

Last, Sadisnya dan ini sumpah membuat kecewa sangat adalah penampakan Geng Kanjiklub yang diperankan aktor The Raid dari Indonesia hanya sekilas saja, seolah numpang lewat atau hanya intermezzo. Whats, segitu kikir kah si J.J. Abrams, kelewat kebangetan dan mending gak usah tampil !. Untunglah rasa kecewa ini sedikit terobati setelah menyaksikan karakter Maz Kanata yang mengingatkan Saya dengan Ksatria Jedi paling bijak, Master Yoda.

So, May The Force be with You…

Skor : 4.7/5 ~ Luar Biasa !!

Pic Top by 4muda.com

Comments

comments

3 Comments
    • kasamago

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *