Kymco Noodoe, Mencegah bermain Ponsel saat Berkendara

Kasamago.com – – Lama tak terdengar kiprahnya sejak kabur dari gelanggang perang roda dua tanah air di tahun 2000an, produsen skutik asal Taiwan, Kymco ternyata masih terus berinovasi. Belum lama ini, Kymco menciptakan terobosan dan sentuhan baru bagi para pengendara skutik dalam acara Consumer Electronic Show (CES) 2017 di Las Vegas Amerika Serikat.

its Kymco Noodoe

Terobosan tersebut adalah fitur Kymco Noodoe yang berfungsi mengubungkan pengendara dengan ponsel pintar selama perjalanan. Fitur ini didasarkan atas pengamatan Kymco terhadap pengendara motor di kota besar yang masih hobi main ponsel sambil berkendara. Sebuah habit berbahaya dan terutama di jalanan Indonesia, kendaraan tiba tiba ber autopilot saat pengendaranya sibuk membuka gawai nya.

Melalui Noodoe , diharapkan pengendara menyatukan jiwanya dengan ponselnya melalui layar/panel di dashboard kendaraan tanpa perlu dipegang lagi. Teknologi ini rencananya akan di aplikasikan pada Kymco AK 550 dan 150i. Layar penghubung di dashboard kendaraan dapat dikendalikan melalui tombol di panel stang sebelah kanan.

Canggih namun belum praktis?

Untuk mengkoneksikan Gawai dengan layar Nodooe, hanya diperlukan jaringan bluetooth. Setelah terhubung,  beberapa fitur lain otomatis muncul yakni peta navigasi, SPBU terdekat, Posisi kendaraan. Media komunikasi seperti WhatsApp juga tersedia dlm fitur ini, pengendara dapat mengakses WA ny via layar dashboard. Sayang, fitur ini masih kurang praktis karena konon layanan seperti WA hnya dapat berfungsi ketika kendaraan dalam posisi berhenti. Nah lho..  Berarti belum optimal untuk mencegah habit bermain ponsel ketika berkendara donk…?

Entahlah perlu di uji coba lagi, untungnya Kymco menghadirkan fitur ini untuk dua kelas skutik yang berbeda. Kymco AK550 untuk di uji di kelas premium dan Kymco 150i untuk di uji dikelas Entry level. Di era serba digital dan Internet of Things masa kini,  menjadi hal biasa bila Internet telah merasuki sendi kehidupan manusia dan kendaraan.

kita tunggu saja hasil pengujian Kymco atas fitur Noodoe di kedua skutik nya apakah sukses mencegah pengendara bermain ponsel atau tidak menghasilkan perubahan apapun. Last, Kymco ternyat tak benar-benar lenyap dari Indonesia, tetapi berubah menjadi Smart Motor Indonesia sebagai APM resmi produk Kymco di Indonesia.

|| Image by Rideapart

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *