Suka Duka Dua kali ganti Aki Yamaha Vixion

Kasamago.com – – Tak terasa hampir 1 dasawarsa alias 10 Tahun, perjalanan dalam dan luar kota saya ditemani oleh Auto Vajin, alias Yamaha Vixion (Yzf 150) produksi 2009.

Dalam rentang waktu yang cukup lama tersebut, salah satu part krusial bin penting yang jarang atau pelit untuk direplacing adalah Aki Kering. Pada tahun 2015 an, atau setelah 6 tahun barulah Auto Vajin aki nya ngadat minta jajan.

Lumayan awet termasuk nya.. padahal berdasar wangsit dari ahli permesinan roda dua, Aki Kering sebaiknya diganti 1,5 tahun sekali. Benar atau tidaknya entahlah.. baru ganti kalau ada trouble di kelistrikan. Penyebab utama aki cepat ngempos adalah saya pasang klakson keong.

Ganti Aki pertama

Karena mendesak, saya pun ganti aki di bengkel dekat rumah. Pengin nya Yuasa, tapi adanya GS Astra, ya sudahlah. Aki baru ini hanya bertahan sekitar 4 – 5 bulanan, abis itu ngadat lagi. Penyebabnya si Klakson Keong, klakson pun saya downgrade dengan model mini keong dari Hella.

Kecewa.., saya membiarkan Auto Vajin berlaga tanpa asupan listrik yang memadai, imbasnya sinyal kuning di dashboard rajin berpendar, dan kick starter menjadi mainan harian saya.

Pilih GS atau Yuasa

Seiring waktu, saya pun gak tahan pengin pake starter elektrik, segera saya ganti aki lagi, pilihannya kembali ke Aki bawaan asli yakni Yuasa YTZ5s. Oia, Vixion dapat dijejali aki dengan ampere lebih besar (standar vixion 3.5 A) menjadi 5 Ampere. Pilihan-nya Aki nya Scorpio atau Suzuki Fu. Tertarik banget dengan Aki FU, yakni GS GTZ6V, tapi karena kegedean, niatan ini dibatalkan dan saya pilih Yuasa YTZ5S seperti bawaan aslinya.

Malesnya, Aki Yuasa gak dijual di bengkel sparepart langganan, kembali saya terpaksa pake GS Astra GTZ5S karena sudah ngebet ganti baru. Andai si Aki baru ini ngadat terlalu dini, saya sudah ancang-ancang untuk ganti pake aki FU atau sekalian upgrade motor ke KTM Duke 200 atau Ducati Monster. Sayang, doku nya belum siap… entah kapan motor impian ini saya kandangin.

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *