The Maze Runner: Scorch Trials, Sekuel Kumplit dan mencerahkan !

Kasamago.com – Rasanya sudah berbulan bulan menanti semenjak Saya terkesan dengan Maze Runner yang diputar pertengahan Tahun 2014 silam, rasa penantian untuk menyaksikan sekuelnya barulah terbayarkan pada minggu kedua pemutaran film nya di Bioskop Tanah air.

Tak seperti pencapaian film sekuel pada umumnya, Maze Runner kedua : Scorch Trials justru memberikan grafik perkembangan lebih tinggi ketimbang prekuelnya, Tensi yang lebih tegang, alur film dengan tempo cepat namun tetap menjaga pondasi kisahnya agar ngeblur karena terlalu cepat, Scorch Trials stagnan memberikan keriuhan, kejutan, ketegangan, dan badai emosi dari ujung ke ujung. Tak sia-sia Saya memantabkan diri untuk secepatnya menonton Scorch Trials di layar lebar, Durasinya yang mencapai 2 Jam 12 Menit terasa terlalu cepat berlalu akibat mata seolah ikut hanyut dalam perjuangan Thomas dan kawan-kawan mencari keadaan dunia sesungguhnya.

Jajaran pemain masihlah sama dan kualitas aktingnya tetap memukau bahkan mungkin lebih berkembang di sekuel nya kali ini. Dylan O’Brien sebagai Thomas senantiasa menampilkan karakter sebagai leader dan anti kemapanan, meski jarang tersenyum atau tertawa, Thomas tetap terasa sebagai karakter yang humble, setia kawan dan pantang menyerah. Tokoh lain pun sama, Favorite Saya adalah Newt ( Thomas Sangster ) dan Minho (King Hong Lee), Newt bergaya Cool dan kritis, Minho bisa dikatakan tokoh terkuat dan paling handal secara fisik. Sebagai Tokoh utama, Thomas mendapat Porsi terbesar ditambah faktor bahwa di dalam tubuh nya ada sesuatu yang sangat berharga, sesuatu yang menjadi biang kehebongan WICKED dalam memburu pemuda pemudi terbaik untuk menjadi objek penelitian mereka.

Kisah The Scorch Trial meneruskan sepak terjang Thomas dkk selepas kabur dari Labirin raksasa, Apa yang masih menjadi kabut misteri dalam Maze Runner perlahan mulai tergambar jelas di Scorch Trials antara lain Jumlah Labirin ternyata tak hanya satu (di tempat Thomas berada) namun bejibun, dan didalam sebuah fortress yang dipimpin oleh Janson (Aidan Gillen) Thomas dkk di perkenalkan pada orang-orang yang juga berhasil lolos dari Labirin. Thomas lalu mendapati bahwa dunia tempat tinggal mereka pernah mengalami bencana akibat Sun Flare yang membuat sebagian daratan planet kering dan bergurun, Kota San Francisco terkubur gurun pasir (Pemandangan reruntuhan Golden Gate nya yang mantab abis), menyisakan pucuk-pucuk gedung pencakar langit. Penggambaran reruntuhan kota mengingatkan Saya dengan film – film lain yang bertema kehancuran dunia.

The Scorch Trials benar benar berhasil melampui Ekspektasi Saya perihal sekuel Maze Runner, Apa yang masih menggelayut sebagai kabut misteri Perlahan terkuak di Scorch Trials, antara lain :

WICKED/WCKD (World Catastrophe Killzone Department)

Menjadi sosok organisasi misterius, logonya menempel di setiap produk dan beberapa bagian Labirin. Dalam The Scorch Trials terkuak bahwa WCKD adalah organisasi yang awalnya memiliki kemampuan untuk menangangi bencana virus (The Flare) yang membuat dunia kiamat. Sayangnya WCKD menggunakan metode yang justru mengancam umat manusia itu sendiri. Proyek Labirin adalah usaha WCKD menemukan pemuda unggulan, dimana darahnya akan disedot habis sebagai bahan obat/serum penangkal The Flare.

The Flare

Muncul ketika Bencana Sun Flare Melanda, diciptakan untuk mengontrol populasi umat manusia, The Flare tak berbeda dengan virus di film-film Zombie, efeknya menyerang otak manusia dan membuatnya menjadi zombie. Manusia yang tergigit atau terinfeksi lambat laun akan berubah menjadi Zombie pula. Diyakini, satu satunya obat penangkal The Flare ada di dalam darah yang mengalir di tubuh Manusia pilihan (Kebal).

The Right Arm

The Right Arm merujuk pada suatu kelompok resistence (Perlawanan) yang berani melawan tiranisasi WICKED. Right Arm percaya, anggaran penelitian serum oleh WICKED lebih baik digunakan untuk pencegahan, melindungi manusia yang tak terinfeksi.  Right Arm di pimpin oleh Vince (Barry Pepper) , salah satu aktivitasnya adalah menyelamatkan generasi muda dari penculikan WICKED dan menaruhnya di suatu wilayah yang aman dari infeksi Flare.

Last, menonton Scoth Trial rasanya bagaimanan menggabungkan banyak film bertema Zombie dan bersetting dunia pasca kiamat / bencana dashyat seperti World War Z, Resident Evil, Hunger Games, dan Walking Dead. Selain itu, kejutan super mantab yang saya dapat dari Scotch Trial adalah ternyata Maze Runner/Scoth Trial memiliki marwah bergenre Zombie, Keren !! Seolah Labirin di Film pertamanya hanyalah gerbang sambutan bagi kejutan heboh di dalamnya.

Tak sabar menanti menyaksikan sekuel akhirnya, Bagaimana Thomas menghentikan ulah WICKED dan bagaimana Thomas dkk memberikan harapan bagi umat manusia ditengah bencana virus The Flare. Bukti bahwa The Scorch Trials memang mantab adalah perolehan keuntungannya, dengan modal sekitar 61 Juta dolar, Sejak penayangannya Scorch Trials berhasil meraup  108,3 Juta dolar, so berharap sekuel ketiganya lebih bombastis disisi visual effect.

Skor : 4.9/5.0 ~ Sekuel yang Istimewa, Lebih Hebat dari Prekuelnya

Comments

comments

3 Comments
    • kasamago

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *