Tips jitu memanfaatkan promosi Dari Mulut ke Mulut

Kasamago.com – – Di Era Teknologi Informasi seperti sekarang, strategi pemasaran melalui Dunia maya baik melalui Media Sosial, Iklan Online dan sejenisnya adalah Trend dan andalan pemasaran masa kini. Upaya pemasaran melalui cara lama atau Offline seperti Spanduk, Brosur dan dari mulut ke mulut gaungnya seolah telah tertelan oleh media pemasaran Online.

Pemasaran via Offline saat ini meski tidak lagi menjadi metode Pemasaran utama tetapi untuk beberapa lokasi , moment ,kebutuhan dan desain tertentu, Pemasaran via Offline termasuk masih sangat efektif dan handal, termasuk Pemasaran dari Mulut ke Mulut ( Mouth to Mouth ).

Keunggulan Pemasaran Dari Mulut ke Mulut

Dalam metode Mouth to Mouth, penyebaran informasi bukanlah hal utamanya, tetapi lebih pada konten informasi dimana informasinya entah itu tentang Produk Barang atau Jasa bersumber dari pengalaman seseorang menggunakan produk atau jasa tersebut. Karena atas dasar pengalaman seseorang tersebut informasi yang beredar melalui Mouth To Mouth lebih kredibel, dipercaya dan independent sehingga pelanggan atau konsumen yang diperoleh lebih loyal dari cara Online.

Meski tak secepatnya pemasaran via Online karena biasanya harus melalui proses tatap muka antara satu dengan yang lain, tetapi keduanya tetap dapat digabungkan untuk saling bekerja sama. Informasi yang bersumber dari Mulut ke Mulut lantas disebarluaskan secara viral di dalam Jaringan atau media online. Nah, agar sebuah promosi dengan metode dari Mulut ke Mulut dapat bekerja efektif bersama metode online berikut beberapa Tips yang dapat diupayakan ;

  1. Target Pasar

        Tentukan target pasar atau sasaran dari Produk yang kita miliki, penentuan Target akan mempengaruhi jenis produk, kemasan, dan promosi.  Penentuan Target dapat di pilih dari kalangan remaja, dewasa ataukah kanak-kanak. Dengan memfilter target maka produk yang dipromosikan harus sesuai dengan kebutuhan , selera dan usia mereka.

  1. Konten

      Konten juga termasuk hal penting, jika tidak memiliki konten pemasaran yang sangat menarik, sangat mungkin materi promosi kita akan dicampakan atau dibuah dengan mudah. Orang umumnya ajan tertarik pada konten yang eyecatching, beda, unik, atraktif, menyentuh emosi dan mengundang rasa penasaran. Pesan yang mampu menyentuh emosi biasanya lebih mudah tersebar secara viral baik Offline maupun Online. Pastikan materi Promosi tetap berkolerasi dengan Produk Barang/Jasa yang ditawarkan.

  1. Ulasan

       Cara terbaik untuk mengikat Konsumen atau pelanggan baru agar tak pergi begitu aja adalah meminta mereka untuk memberikan Ulasan atau Review tentang produk atau layanan. Bila ulasan mereka menarik, segera unggah di media sosial. Ulasan seperti ini biasanya lebih mudah diteruskan pada lingkaran pertemanannya selain itu Jika memungkinkan, berikan hadiah kecil bagi pelanggan yang memberikan ulasan menarik tersebut.

  1. Kelompok

      Komunitas atau organisasi adalah tempat yang potensial untuk mempromosikan sebuah produk/jasa, Informasi dapat lebih berkembang dan menyebar di jaringan teman teman mereka. Atau bisa juga membentuk kelompok atau group yang memanfaatkan produk barang atau jasa kita. Tetap jalin kedekatan dengan seluruh anggota kelompok.

  1. Kualitas

       Sebaik apapun konten iklan atau promosi yang disampaikan, jika kualitas produk dan service buruk, maka siap saja mendapat respon yang tak sesuai keinginan. Oleh karenanya, Mutu atau kualitas adalah nomor satu bagi sebuah Produk Barang/Jasa. Terus tingkatkan kualitas produk dan layanannya, hormati setiap kritik dan saran dari pelanggan serta layani setiap pelanggan sebaik mungkin.

Seluruh Langkah diatas bila diterapkan dengan sungguh sungguh, niscaya bisnis akan terus bergema dan mengakar kuat.

Comments

comments

8 Comments
    • kasamago

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *