Tips menghadapi Ujian Kompetensi Bidang CPNS

Ujian CPNS
Ujian CPNS, pic by JPNN.com

Kasamago.com —

Hidup adalah kanal yang berisikan masalah, tantangan, rintangan, duka cita dan tentu saja pengalaman. Diantara pengalaman beharga adalah mengikuti Ujian CPNS Kementerian yang sudah sering saya ikuti hingga garis pertahanan terakhir namun Sang Maha Esa memberi takdir lain untuk saya.

Diantara profesi terfavorit di Republik ini adalah menjadi Abdi Negara alias Pegawai Negeri Sipil (PNS), di era Orde Baru profesi ini belum menjadi bintang kebanggaan, begitu Bapak saya berkisah. Namun kini seiring perubahan jaman, Perlahan PNS menjadi tujuan utama para pencari kerja dan kemapanan hidup.

Ujian CPNS adalah gerbang yang wajib diikuti, sekarang ini, Ujian dibagi tiga babak, pertama Tes Kompetensi Dasar (TKD), lalu Tes Kompetensi Bidang (TKB) dan terakhir Wawancara.

TKD merangkum seluruh ilmu pengetahuan dasar, dari analitik hingga psikotik, buku panduan nya banyak beredar dan umum nya mudah dihadapi jika persiapan peserta ujian sudah matang.

Wawancara pun demikian, sudah menjadi hal umum. Nah, Tes Kompetensi Bidang inilah yang agaknya perlu menjadi perhatian penting pula. Berdasarkan pengalaman saya, TKB masih sangat jarang dicari panduan dan kisi kisi nya, materi semua sesuai bidang yang dipilih.

Tanpa panduan seperti TKD, saya hanya bisa berasumsi dan menebak nebak, mana materi yang akan keluar. Sulit rasanya seluruh materi dipelajari, storage otak luas tapi daya pancingnya terbatas.

Jadilah saya bertaruh untuk memilih materi yang sekiranya keluar, naas saat ujian justru keluar materi yang diluar perkiraan saya, sangat sangat diluar. Ibarat kita belajar masak Bakso tapi yang keluar Mie Ayam meski masih dalam koridor bertema makanan.

So, Tips dari saya adalah buat ringkasan dari seluruh materi yang ada,  jaga mental dan fisik tetap prima, meminta restu Orang Tua dan berdoa pada Allah SWT. “Lebih baik beruntung daripada Pintar” ~ Kenshin Himura

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *