Urus sendiri Perpanjangan Plat Nomor dan Pajak 5 Tahunan

AutoVajin
AutoVajin – Pic By IMCDB

Kasamago.com – – Tak terasa 1 dekade atau 10 tahun berlalu, Kuda besi harian saya, AutoVajin telah menginjak dua kali masa perpanjangan Plat Nomor. Beda nya, pada perpanjangan plat nomor pertama di tahun 2014 lalu, saya tidak melakukannya sendiri, memakai jasa perantara. Jelas gak ribet, tapi saya malah dibuat penasaran ingin melakukanya sendiri, baru diperpanjangan kedua inilah momen itu hadir.

Persiapan

Bulan juni 2019, saya pun menyiapkan sejumlah uang pajak dan Persyaratan yang wajib dibawa ketika bertandang ke kantor Samsat untuk melakukan Perpanjangan Plat Nomor dan Pajak 5 Tahunan. Persyaratan tersebut adalah :

  1. Kendaraan (Mobil/Motor) ,minimal masih seperti standart pabrikan.
  2. StopMap Kertas
  3. Pulpen
  4. STNK Asli dan Fotokopi nya
  5. BPKB Asli dan Fotokopi nya
  6. KTP dan Fotokopi nya

Jika sudah lengkap semuanya, tinggal menuju kantor Samsat, sebaiknya dan sebaiknya datanglah di waktu pagi hari disaat stamina dan pikiran masih segar.

Kantor Samsat
Kantor Samsat – pic by Loopiss.blogspot.com

Proses

Jika mudah bosan mengantri, jangan lupa siapkan kuota internet dan baterai hp full charge, ataupun lebih afdol lagi mengajak teman yang berpengalaman untuk menemani. saya pun memilih cara kedua ini. Begitu masuk halaman kantor Samsat, tahapan atau proses perpanjangan plat nomor pun di mulai. Berikut Proses nya :

  1. Ketika memasuki halaman Samsat, langsung menuju antrian cek fisik kendaraan yang sudah disediakan. Jangan lupa, Semua persyaratan yang dibutuhkan dimasukan dalam stopmap kertas.
  2. Begitu antrian tiba, motor kita standart tengah lalu petugas akan menggesek nomor rangka dan mesin di kertas selotip. Kertas selotip berisi nomor rangka dan mesin lalu ditempelkan di muka Stopmap kita.
  3. Segera parkiran Motor kita di tempat parkir yang disedikan. Lalu menuju loket legalisasi Cek Fisik Kendaraan, serahkan map pada petugas, tunggu hingga nama kita dipanggil.
  4. Setelah itu bawa lagi map kita ke bagian formulir, nantinya petugas akan memberikan formulir berisi data kita ke dalam Map. Sebelumnya, Tulis Nomor HP kita di muka Stopmap. Tunggu hingga nama kita dipanggil.
  5. Lalu bawa Map ke loket Administrasi sembari mendapatkan Nomor Antrian Pembayaran di bagian Loket Pembayaran. Tunggu hingga Nomor Antrian diumumkan petugas.
  6. Selanjutnya tinggal membayarkan sejumlah uang yang disampaikan petugas, kita akan mendapat kwitansi pembayaran. Tunggu hingga nama kita dipanggil petugas loket STNK
  7. Setelah mendapatkan STNK baru, kita akan diberitahu petugas perihal Plat Nomor kendaraan. Apakah bisa langsung menuju loket Plat Nomor atau harus menunggu sekian bulan.
  8. Selesai

Mudah dan cepat jika tingkat antrian sepi. Untuk setiap loket telah ditempatkan berjejer sesuai alur sehingga cukup memudahkan para wajib pajak. Soal plat nomor, saya diberitahu sebulan lagi untuk mengambil, tetapi setelah sebulan, saya ke loket Plat Nomor Samsat lagi hasilnya untuk kendaraan roda dua plat nomor habis dan tidak ada kepastian kapan ada lagi.. hmmm, penyakit lama. puayah..

Demikian, semoga bermanfaat.

 

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *