Who Am I – No System is Safe, Film Hacker paling Beda !

whoami
Pic by jejeblog.net

Kasamago.com – – Rasanya konyol bila mereview sebuah film yang telah setahun beredar, tetapi mungkin bisa dimaklumi bila pembuat film tersebut masuk dalam jaringan non mainstream. Selama menjalani hobi nonton film hingga sekarang, mata lensa Saya terlalu sering terarah dan terpaku pada film produksi Hollywood, Jepang atau Korea. Membuat Saya lupa bahwa dunia ini tak hanya milik mereka, masih banyak hal indah yang seharusnya saya ketahui, dan mereka adalah dunia perfilman Eropa.

Film Eropa tak kalah seru dan bahkan lebih baik dari Hollywood, kebanyakan film dari benua biru ini baru terekpos bila diremake ulang oleh Hollywood, antara lain Taxi dan Girl With the Dragon Tatto serta masih banyak lainnya. Nah ditahun 2014 lalu, hadirlah sebuah film tentang dunia perhackingan.. whooa, salah satu genre film yang paling ane gemari dan asyiknya film ini berasal dari benua eropa tepatnya Jerman. Berbeda dengan Film Hacker Hollywood, film Jerman berjudul WHO AM I menawarkan pendekatan menarik, berbeda, kemasan baru dan tentu saja penuh intrik. Awalnya Mendengar judul WHO AM I, otak langsung terkenang dengan salah satu Film Jackie Chan berjudul sama yang rilis pada 1997 silam. Ketika dibantu dengan tagline No System is Safe (Kein System Ist Sicher), baru terasa perbedaannya, bahkan sangat berbeda.

RASA BERBEDA

WHO AM I mengajarkan sensasi baru yang selama ini hampir menjadi kepercayaan para penyuka dunia Hacking pemula bahwa Hacker yang hebat adalah mereka yang ahli membuat program, jenius, tool yang hebat dan lainnya. Semua benar namun ada satu yang sering terlewatkan, salah satu senjata ampuh hacker adalah mampu memainkan kelemahan utama sebuah system. Apa itu? Program Cerdas, Hardware Canggih, Nope.. that’s Human. Dikatakan unsure Manusia adalah kelemahan utama system, dalam film salah satu tokoh menyebutnya Rekayasa Sosial (Social Engineering). Tak hanya jago di dunia maya dan hanya bersandar kaku pada layar monitor, hacker juga dituntut aktif di dunia maya.

KISAH

WHO AM I menceritakan tentang Benjamin Engel, seorang pemuda dengan masa lalu tragis, Introvert, anti social, pemalu, sejak umur 14 tahun hidupnya selalu berada didepan computer. Kebiasaan ini membuatnya ahli dalam bahasa pemprograman mesin. Bahasa program yang mampu mengendalikan mesin/hardware manapun. Hidupnya berubah drastis ketika bertemu Max dan dua temannya, mereka berempat kemudian membentuk grup hacking bernama CLAY (Clown Laughing At You) dan berusaha menjadi terkenal di dunia maya dan diakui MRX, hacker paling dikagumi di dunia hacking. Puncaknya CLAY membobol system milik Badan Intelejen Federal Jerman (BND), salah satu system yang paling mustahil ditembus. Kenekatannya berbekal prinsip hacking yang diberikan MRX, No System is Safe dan Incarlah yang mustahil. Sayang, keisengan CLAY menembus BND membuatnya berada dalam persimpangan bahaya antara kelompok FR13ENDS , Kepolisian Jerman dan Europol yang tengah menyelidiki kasus hacking dengan dukungan mafia cyber Russia.

Inilah yang seru, dengan alur flash back bertahap, WHO AM I berhasil menawarkan rasa yang berbeda dalam genre hacking. Silahkan saksikan sendiri betapa serunya intrik dan tentu saja twist menawan di akhir filmnya. Twist yang sukses membuat saya tertegun sejenak kemudian menerikan kata wooowww !!! dalam hati. Benjamin yang tengah menjadi tahanan Europol berhasil memainkan psikologis Hanna, Agen Europol yang menangani kasusnya, Keberhasilannya trik nya membuat Benjamin bebas dan anggota CLAY dianggap mati dan sang Agen pun mendapat pujian dan pemulihan dari skorsing yang diterimanya. Adegan ini adalah puncak dari Twist WHO AM I, tontonlah dari awal hingga akhir dengan sesame, karena setiap scene adegan adalah puzzle yang akan terkumpul di penghujung filmnya.

trik sulap dan permainan psikologis adalah bentuk hacking paling keren. Film ini membuktikannya. Last, film ini menghadirkan salah satu Quote menarik yang membuat saya terkesima : Ketika menghadapi situasi tidak nyaman, Tersenyumlah.

Skor : 4.8/5.0 – Sangat Recommended, film hacker yang luar biasa beda.

Pic by jejeblog.net

Comments

comments

9 Comments
    • kasamago

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *