Escape from Mogadishu, Bersatu nya Kedua Korea di Somalia

Escape from Mogadishu
Dua Keluarga Dubes kedua Korea – Grid

Kasamago.com — Sineas Korea Selatan membuat gebrakan di tahun 2021 dengan menyuguhkan film action full tension berjudul Escape From Mogadishu.

Seperti tergambar pada Judul dan poster film nya, Film ini memuat kisah upaya evakuasi anggota Kedutaan Kedua Korea di Ibukota Somalia, Mogadiahu di awal pecah nya perang Saudara antara Pemberontak Pimpinan Jendral Aidid dan Pemerintah Diktator Presiden Siad Barre di awal 1991.

Intro

Pada tahun 80an, Kedua Korea Utara dan Selatan masih belum menjadi anggota PBB seutuh nya. Benua Afrika kemudian di pilih kedua korea untuk membantuk menyumbangkan dukungan nya agar Kedua Korea dapat diterima sebagai anggota PBBB.

Pada 1987, Korea Selatan pun membuka Kedutaan besar di Mogadishu, Somalia. Memulai persaingan diplomatik yang pelik, mempeeibutkan dukingan Pemerintah Somalia pada Korea di PBB.

Entah mengapa, film film yang ber kisah mengenai kedua korea selalu seru, dramatis dan humanis. Seperti Joint Security Area (JSA) , As One (Baca Reviewnya) dan serial tv Crash Landing On You yang mengekpos sisi humanis Korea Utara dan kemajuan peradaban Korea Selatan.

Bagaikan melihat dua saudara kandung yang selalu bermusuhan dan berbeda, tetapi ketika punya tujuan yang sama kedua nya dapat saling mendukung.

Karena pada dasar nya negara merka.masih ferlibat perang, tentu rasa bermusuhan ,saling curiga dan waspada ditanam.di benak masing masing warga kedua korea.

Somali Civil War

Escpae from Mogadishu
Menembus tembakan Pemberontak – Kompas

Escape from Mogadishu sedari awal sudah diplot menjadi kisah penuh marabahaya ditengah Perseteruan Dua Korea dan Pecahnya Perang Sipil Somalia. Penonton turut di seret merasakan situasi film yang kacau balau. Set latar somalia awal 90an benar2 sangat mengagumkan, pemandangan kemiskinan dan tentara anak anak sangat menyayat hati. Escape from Mogadishu memvisualisasikan nya dengan begitu hebat.

Babak menegangkan di mulai ketika seluruh perwakilan diplomatik di Somalia mendapat faximile ancaman dari Pemimpin Pemberontak Somalia ,United Somali Congress.

Pemberontak menyerbu kedutaan Korea Utara di malam hari, beruntung Dubes Korut Lim Yong-Su dan staff berhasil menyelamatkan diri. Dalam perjalanan mereka di hadang tentara cilik Pemberontak, saya ikut tegang di adegan ini. Bayangkan, anak2 menodongkan riffle AK 47.

Bersyukur si anak cuma main main, Dubes Lim Melanjutkan perjalanan dekat dengan Kantor Kedutaan Korea Selatan. Melihat situasi yang sangat berbahaya dan jiwa raga yang keletihan. Dubes Lim memohon bantuan Dubes Korea selatan Han Sin-Se agar mau menampung mereka.

Karena iba terdapat anak anak cucu Dubes Lim , Dubes Han setuju membantu mereka. Adegan saling curiga dan waspada di dalam kedutaan Korea selatan menjadi momen relaksasi film ini.

The Escape

Kedua Dubes merencanakan jalan keluar dari Somalia, yakni meminta bantuan kedutaan lain yang masih aman. Esok nya, Dubes Han menemui kedutaan Italia sedangkan Dubes Lim menemui kedutaan Mesir. Namun hanya Kedutaan Italia yang dapat memberikan jalan evakuasi udara. Demi dapat di terima Italia, Dubes Han berbohong rombongan dubes Korut telah membelot ke Korea Selatan.

Dubes Italia memberi tenggat pada sore hari mereka harus sudah berada di kedutaan italia guna persiapan boarding evakuasi ke negara Kenya.

Malang nya, perjalanan mereka dengan 4 mobil begitu banyak halangan. Di tembaki tentara pemerintah somalia karena di anggap anggota pemberontak ,dan di kejar Pasukan Pemberontak.

Setelah melalui kejar kejaran sengit di bawah hujan tembakan mematikan, ke empat mobil berhasil sampai di halaman Kedutaan Italia. Semua selamat, Asisten Dubes Korut, Tae Joon-Gi yang tewas sesaat setelah mobil nya tiba di kedutaan Italia.

Sesampai nya di Kenya, demi terhindar dari pelanggaran hukum keamanan nasional masing masing Korea. Kedua kelompok Dubes ini harus melupakan satu sama lain, berpisah seolah tidak ada hal apapun yang mereka lakukan bersama.

Conclusion

Escape from Mogadishu mampu menuangkan Keseruan dan Ketegangan extra tinggi hampir sepanjang durasi film yang mencapai dua jam an sekaligus mengingatkan pada publik sejarah Perang Sipil Somalia yang tetap membara sampai sekarang. Last, Salah satu film korea terbaik yang memicu ketegangan tinggi seperti hal nya film Black Hawk Down ,Extraction ,13 Hours, dan dari Korea sendiri, SilmidoTaxi Driver.

Skor : 4.9/5

 

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *