Jika RX King 2-tak bisa di ganti RX King 4-tak 155cc

RX King
New RX King – Grid Oto

Kasamago.com – – RX King ? Motor Raja Jalanan yang pastinya menjadi Idaman kaum Adam Tahun 80 – 2000an, lantas lebih dikenal sebagai motor jambret karena kerap digunakan sebagai wahana pendukung aksi copet tersebut.

Menyusul Regulasi Standar Emisi Uni Eropa (Euro), yang ditetapkan Pemerintah, Di era 200an, Yamaha meneruskan Produksi  RX King dengan Desain Knalpot (Exhaust) Catalyc Converter agar dapat lolos Regulasi Euro. Namun Usaha Yamaha ini kurang memuaskan, karena  market lebih menyukai Yamaha Vixion. Yamaha Scorpio 225 cc yang dirancang sebagai Penerus RX King pun turut memberi ketidakpuasan.

Akhirnya, Produksi RX King Dihentikan Yamaha pada 2009 silam dengan alasan sudah berusia 1 Dasarwarsa, dan Mesin 135cc 2-Tak nya sudah tak sesuai Jaman. Namun hebatnya, setelah Stop Produksi, RX King makin di buru dan Komunitasnya merebak kemana mana. Bahkan, RX King dengan kondisi seperti baru tembus dengan harga 80 sampai 100 jutaan di tangan Kolektor, Fantastis !. Blessing in Disguise bagi RX King.

Sejarah RX King

Sebagai seorang Bocah ingusan di era 90an, Saya mengenal Si Kencang Berisik dan Berasap ini pada tahun 1996, karena tetangga saya ada yang punya. Setiap Pagi dan Sore hari, Tetangga lewat dengan RX King Cobra nya. Sangat Khas..

Saya sendiri tidak menyukasi kendaraan ini, karena hanya 3 motor 2-tak yang saya kenal dan idam kan, yakni Satria 120R, F1ZR dan Ninja RR.

RX King memulai Kiprah nya di Nusantara melalui Motor RX-K (135 cc/132cc), di Impor dari Jepang pada tahun 1980 sebagai Pengganti RX 100 dan RX 125 yang beredar di Tahun 70an. Sayang RX-K tidak diminasi Pasar tanah air, motor ini bertahan 3 Tahun saja.

Tiga Orang Konseptor Yamaha Jepang yakni Nobuo Aoshima, Chikao Kimata dan Motoaki Hyodo mendapat masukan bahwa Masyarakat Indonesia menginginkan motor gagah, tidak boros dan bertenaga di putaran bawah.

Lalu pada 1983, lahirlah RX King (135cc 2-tak) yang sesuai dengan masukan Masyarakat Indonesia. Di Bekali teknologi Yamaha Energy Induction System (YEIS) ,Desain modern, Tanki menyudut, lampu kotak dan stang tinggi.  RX King sukses di pasaran meski Kompetitornya, Honda sudah mengandalkan GL Series 4-tak.

RX King 155cc

Beredar desas desus adanya RX King terbaru dengan tampilan masa kini, dan bermesin 155cc, entah benar atau tidak, semua masih sebatas rumor yang menjadi bahan obrolan seru. Namun, meneruskan legenda 2-tak dengan 4-tak hampir sangat mustahil. Seperti hal nya Toyota AE86 yang coba di teruskan melalui Toyota FT86, Legenda suatu kendaraan tetap sulit untuk di ulang kembali. Karena yang menentukan legenda di tangan Penggemar setia serta prestasi yang telah di torehkan nya, jika nanti ada RX King 4-tak dan meraih kesuksesan penjualan, tentu akan menjadi legenda baru yang berbeda.

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *