Mensos, Bencana, Vaksin dan Kedaulatan Negara

China
pic by People.cn

Kasamago.com – – Di Pembuka tahun 2021, Indonesia diharapkan mendapat secerah perubahan yang positif dan berarti. Namun semua itu Sirna, berbagai Insiden, Tragedi, Peristiwa dan Drama silih berganti menampilkan keputusasaan, kepedihan dan terkadang terselip tawa karena tiada lagi bahan tertawaan.

Mensos

Mensos
Mensos, pic by CNN Indonesia

Pasca dilantik Presiden Joko Widodo, Menteri Sosial pengganti Juliari Batubara yang tersangkut Korupsi Bantuan Sosial Covid 19 bagaikan mengejar kereta cepat Train a Grande Vissete (TGV). Media tertatih tatih meliput kecepatan kerja Menteri Sosial bernama Tri Rismaharini ini. Beliau adalah Wonder Woman yang sukses membangun Surabaya menjadi kota Idaman dalam impian.

Berbekal Prestasi inilah, Bu Risma, panggilan populer nya segera memainkan Premis idaman nya, BLUSUKAN. Sayang, masyarakat sudah keburu antipati dan menganggap ini hanyalah drama permainan, sinetron, dan pencitraan usang.

Badai Kritik mendarat di Mensos baru, bukan hanya karena Talenta blusukan nya, namun Zona Tugas nya hanya di Ibukota Jakarta saja. Padahal sebagai Menteri, Zona Tugasnya adalah Seluruh Indonesia. Seolah Indonesia itu hanya Jakarta, dan Jawa saja. Rakyat kembali bersedih.

Bencana

Bencana
berbagai bencana di awal 2021 – pic by TribunNews

Musim hujan belum usai dari Nusantara, berikut aktifitas tektonik, vulkanik, dan pergeseran lempeng bumi. Membuat bencana melanda Indonesia, mulai dari Longsong di Jawa Barat, Banjir dan Gempa Bumi di Kalimantan, hingga duka dari dunia penerbangan nasional akibatnya Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ182 pada 9 Januari 2021 lalu.

Badan Penanggulan Bencana Nasional, Daerah, SAR dan pihak terkait lain berusaha maksimal menangangi korban bencana dan distribusi bantuan. Sayang belum terlihat gerak tangkas dari Istana melalui Menteri Sosial nya untuk memimpin upaya penanganan Bencana ini. Sang Mensos nampaknya masih terjebak dalam romantisme Ibu Kota Jakarta.

Semoga Bencana segera usai, dan Kehidupan Masyarakat pulih Kembali. Aaamiin

Vaksin

Pada Rabu 13 Januari 2021, Presiden Joko Widodo membuktikan kepada rakyatnya bahwa sebagai pemimpin tertinggi, diri nya lah yang akan disuntuk pertama kali. Namun Pembuktian ini tercoreng oleh petugas medis yang menyuntik nya. Gerakan Tremor ganas kedua tangan nya menimbulkan tanda tanya besar. Profesi Medis tak boleh demam panggung, atau faktor lain nya. Di tambah tiada gerakan menekan alat suntik semakin menggagalkan upaya menciptakan kepercayaan publik akan vaksin. Akhirnya, Masyarakat tetap pada Kredo nya, bahwa Vaksin masih bersifat Uji Klinis dan belum tentu Aman.

Kedaulatan Negara

Seaglider
Seaglider – pic TribunNews

Di tengah kesibukan akan gejolak Politik nasional, Sektor pertahanan negara seolah luput dari pantauan. Sudah hampir 3 kali sejak 2019 hingga akhir 2020, Nelayan menemukan SeaGlider atau Underwater Unmmaned Vehicle (UUV yang diduga kuat milik negara China. Pihak TNI AL menyebut Seaglider inidigunakan untuk riset Oseanografi, namun informasi ini terlalu lemah untuk dipercaya. Apa yang direkam oleh Seaglider tersebut masih belum dapat dijelaskan oleh TNI AL.

Berikutnya, Bakamla RI ketika sedang sibuk mencari korban Pesawat SJ182 malah mendapati Kapal Riset China ,Xiang Yang Hong 3 kepergok sedang mondar mandir di Selat Sunda. Setelah terpergok, mereka beralasan sedang bermasalah akibat cuaca buruk. Namun yang membaut Bakamlah segera bertindak adalah, Mereka mematikan Automatic Identification System (AIS), sehingga menimbulkan dugaan aktifias kapal Xiang Yang Hong bersifat rahasia.

Menurut dugaan saya, Xiang Yang Hong 3 inilah pemilik Seaglider yang tertangkap oleh Nelayan Indonesia.  Jika Indonesia tegas dalam Kedaulatan Negara nya, Sudah tentu Presiden via Menteri Luar Negeri segera menyampaikan nota protes diplomatik, memanggil Dubes China atau pun segera mengerahkan Kapal Perang TNI AL agar lebih pro aktif berPatroli. Namun sepertinya, tindakan tegas tetap belum terlihat dan dirasakan dampak nya.

So, QUO VADIS INDONESIA ?? Mau dibawa kemana Negeri ini tercinta…  Mari Doakan yang terbaik.

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *