Peninsula (Train to Busan 2)

Peninsula
Peninsula – Pic by Kompas

Kasamago.com – – Empat tahun berlalu sejak film pertama nya ,Train to Busan menghentak jagat hiburan bertema Zombie, akhirnya Sekuelnya yang berjudul Peninsula rilis. Bagaikan sebuah kado yang sangat dinanti, Peninsula mampu membukukan jutaan penonton di minggu pertama perilisannya.

Sekali lagi, Sineas Korea mampu menghadirkan Film Zombie yang tak kalah, bahkan lebih fenomenal dari produksi Hollywood macam World War Z dan Resident Evil.

STORY

Melanjutkan kisah Train to Busan dimana Busan sebagai the Last Zone Standing menjadi tujuan para penyintas dari bencana Zombie yang melanda Korea Selatan. Tetapi pada akhirnya Busan jatuh, dan seluruh semenanjung Korea Selatan hancur total oleh serangan Zombie. Militer Korea dan PBBB membantu evakuasi para penyintas yang selamat untuk kemudian di bawa ke beberapa negara di Asia Timur.

Tiada tokoh dalam Train to Busan yang hadir di Peninsula, semuanya baru. Fokus cerita disandarkan pada sosok Kapten Jeong Seok (Gang Dong Won, Jinroh the wolf Brigade) yang sedang terburu buru menyelamatkan kakak, keponakan, dan kakak ipar nya ke kapal feri terakhir menuju Jepang.

Dalam perjalanan berkendara dengan mobil, Jeong Seok dicegat keluarga dengan anak perempuannya yang masih balita, memohon dengan sangat agar mereka atau anaknya ikut dibawa ke kapal. Jeong Seok tetap memacu mobil menuju Feri. Kelak, keputusannya tidak menolong keluarga ini akan menjadi dosa batin yang sangat mahal.

Apes, di dalam Kapal pengungsi yang dianggap “Bahtera Nuh”, ada satu penumpang terinfeksi dan memangsa penumpang dalam satu ruangan, termasuk kakak dan keponakan Jeong Seok. 4 Tahun kemudian, Jeong Seok dan kakak ipar nya yang selamat hidup terlunta lunta penuh kepahitan di kota Hongkong.

Harapan muncul, ketika bos mafia Hongkong menyewa Jeong Seok, Kakak Ipar dan dua orang Korea lain untuk mengambil satu buah truk berisi uang senila 20 juta dolar. Siapapun yang berhasil membawa uang ini, separuhnya akan diberikan kepadanya.

Antara Trauma, Ketakutan dan keinginan untuk memulai hidup baru dengan menjadi orang kaya mendorong keempat Penyintas Korea Selatan kembali ke tanah kelahiran nya. Upaya keempat nya tak mudah, selain menghadapi zombie, mereka juga harus melawan unit 631, bekas militer korea yang menjadi gila karena tidak dapat keluar dari Korea Selatan. Jeong Seok dan kakak ipar nya, diselamatkan oleh keluarga yang dahulu ditolak mereka dalam perjalanan mobil.. Keinginan untuk tetap hidup memaksa Jeong Seok dan Keluarga tersebut bahu membahu keluar dari tanah korea.

CONCLUSION

Secara keseluruhan, saya lebih menyukai prekuel nya, meski secara tema cerita masih tetap sama yakniproses perjuangan para tokoh utama nya untuk selamat dari terjangan Virus maupun Egoisme manusia. Pengorbanan yang dilakukan beberapa tokoh di Peninsula terlalu terkesen klise sehingga kurang menarik rasa simpatik yang terdramatisir.  Overall, Peninsula tetaplah menghibur, meski tidak sedashyat Train to Busan. Last, Kisah zombie ini masih memilih ruang untuk di eklpore lebih lanjut.

Skor : 4.2/5

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *