Space Sweepers, Kisah para pembersih sampah di luar angka

Space Sweepers
Space Sweepers – pic by Korea Herald

Kasamago.com – – Dunia perfilman Korea akhir beberapa tahun terakhir sudah menjadi salah satu kiblat perfilman dunia, kemampuan meracik cerita dan peforma para aktor nya sudah menjadi parameter dunia. Tetapi tidak banyak atau sangat jarang sekali film korea yang bertema Sci-fi Luar angkasa atau space story.

Pada 2020 lalu, beredar thriller salah satu film korea bertema luar angkasa dan pasca Apocalypse berjudul Space Sweepers (Seungriho). Di tafsir dari judul nya, film ini menceritakan para pembersih sampah luar di luar angkasa. Terdengar biasa, tapi yang membuat luar biasa, ini buatan Korea Selatan. Sangat Langka !

SPACE SWEEPERS

Berbeda dengan produk Tiongkok, the Wandering Earth yang sangat sukses, Space Sweepers lebih beraura Petualangan Luar Angkasa ala Hollywood. Didukung aktor aktris papan atas Korea, Space Sweepers juga menampilkan Robot/Droid humanoid yang mungkin pertama kalinya dari film Korea.

Kisahnya termasuk pasaran, mengambil setting 2092 Hutan di planet bumi musnah, sedangkan Gurun Pasir bertambah luas. Pancaran Sinar Matahari meredup, dan tingkat keasaman tanah meningkat. Membuat bumi tak lagi dapat ditanami tumbuhan apapun. Bumi tak lagi dapat ditinggali manusia secara normal.

Tersebutlah UTS Corporation, Perusahaan teknologi yang membangun Hunian manusia di Orbit bumi. Hanya manusia pilihan yang diperbolehkan tinggal di Orbit tersebut. Banyaknya benda benda luar angkasa termasuk pesawat yang banyak hilir mudik di Orbit bumi, rusak lalu menjadi sampah sangat membahayakan Stasiun Orbit bumi yang dihuni para manusia terpilih.

Maka lahirlah profesi pembersih sampah luar angkasa tersebut, dengan menggunakan pesawat canggih pemburu sampah, mereka disebut Space Sweepers, Pola kerja nya serabutan seperti Bounty Hunter, Jadi inget Anime Cowboy Bebop !!. Siapa yang mendapatkan sampah terbanyak atau spesial, makin tinggi bayaranya. Tetapi jika dalam pembersihan merusak properti UTS di orbit bumi, mereka dikenakan denda.

THE STORY

Protagonis utama Space Sweepers adalah Kelompok Kapten Jung Hyun Sook dengan pesawat bernama Victory. Terdiri dari Kim Tae Ho, Tiger Park / Park Kyung Soo dan Robot Humanoid bernama Bubs. Dengan berbagai cara dan kerja kerasa, mereka sangat bernafsu menumpuk uang sebanyak mungkin demi tujuan nya masing masing.

Dalam kesibukan berburu uang, mereka menemukan gadis bernama Dorothy. Dari informasi media milik UTS, Dorothy adalah sejenis android berpenampilan anak perempuan Korea. Dorothy bukanlah Android sembarangan, ia adalah mesih pembunuh dan didalamnya diberitakan ditanam bom mikro Hidrogen oleh organisasi Black Fox, yang membuatnya menjadi senjata penghancur masal.

Sayang informasi ini merupakan kebohongan dan tudingan palsu dari UTS dengan kambing hitam Black Fox, yang ternyata bukanlah teroris melainkan hanya organisasi peduli lingkungan (Planet Bumi). Sedangkan Dorothy sejatinya adalah putri semata wayang Kang Hyeo Nu (ilmuwan UTS) yang disuntikan Nano Robot untuk menyelawatkan nyawa nya dari penyakit langka yang mematikan.

Diluar dugaan, Nano Robot ini sukses menyatu dengan tubuh Dorothy, memperbaiki sel yang rusak dan mampu memberikan kekuatan bagi Dorothy untuk berkomunikasi dengan seluruh Nano Bots. Selain ituNano Bots di tubuh Dorothy mampu mempercepat penumbuhan tanaman.

UTS ternyata bermaksud menghancurkan Planet Bumi dengan bom hidrogen yang dipasang di sebuah Pabrik luar angkasa. Mengetahui Kenyataan ini Kru Victory di bantu anggota Black Fox dan rekan sesama Space Sweeper lain berusaha mencegah rencana UTS.

CONCLUSION

Siapa sangka, Dorothy adalah solusi bagi masa depan Planet Bumi agar dapat ditinggali lagi oleh umat manusia dengan kemampuan Nano Robot di dalam tubuh nya. Space Sweepers sangat berotensi kuat memiliki Saga atau universe nya sendiri yang dapat dikembangkan lebih jauh seperti Star Wars, Star Trek karena plot ceritanya masih menyimpan lubang untuk di isi dengan Sekuel ,Serial maupun Spin Off.

Untuk urusan teknis, efek visual, music dan lain nya, Industri Film Korea sudah tak diragukan, Mantab Jempolan. Pelan namun pasti, Space Sweeper menyajikan narasi bertema Drama dan Action secara terpadu disertai sedikit bumbu Twist.

Last, Film karya Jo Sung Hee ini cukup mengesankan, Alur kisahnya mudah terbaca khas Hollywood, namun di tangan sineas Korea, Space Sweepers menjadi film Sci fi Luar angkasa yang berbeda dan menarik untuk di nikmati.

Skor : 4.8/5 ~ Keren !!

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *