STAND BY ME 2, Keluarga adalah segalanya

Stand by Me 2
Stand By Me 2 – Pic by VOI.id

Kasamago.com – Well, butuh waktu 6 tahun untuk melanjutkan anime movie Doraemon dengan citra 3D yang sangat menawan, detail,  scenic namun tetap menjaga unsur orisinalitas desain nya. Di movie pertama nya yang terbit pada akhir 2014 sempat menjadi kehebohan, karena film ini bocor di internet sebelum resmi di tayangan di jaringan Bioskop CGV.

Baca ulasan nya di sini >> Stand by Me Doraemon

Di film pertama nya, Plot cerita lebih di fokus kan pada pertemuan dan perpisahan Nobita Nobi dengan Doraemon. Menjadi ajang perjuangan Nobita bahwa dirinya bisa tetap survive tanpa Doraemon, Nobita berhasil namun bukan itu jawabanya, Doraemon sudah seperti keluarga bagi Nobita bukan sebatas robot kucing yang mempunyai misi membantu kebodohan Nobita.

STAND BY ME 2

Di Sekuelnya, kita akan disajikan adegan memorable bagaimana sosok Nenek Nobita, Ya Nobita bersama Doraemon berkendara mesin waktu menuju masa dimana Nobita masih berusia 3 Tahun. Nenek Nobita selalu menjadi pelipur lara bagi Nobita kecil yang ternyata sudah cengeng akut.

Cerita berlanjut ke masa depan, pada persiapan Pernikahan Nobita dengan Shizuka. Disaat hari pernikahan tiba, Nobita mendadak takut, khawatir, sehingga lupa akan pernikahan nya. Beruntung, Pernikahan berjalan lancar berkat Nobita yang dijadikan Dewasa menggantikan Nobita Dewasa. Pernikahan berjalan lancar, namun tidak saat pidato sambutan, Nobita yang menjadi dewasa sudah sangat takut hingga kabur dari acara.

Singkatnya, Nobita dan Doraemon berusaha mencari Nobita Dewasa agar segera kembali ke Pernikahan melanjutkan momen Pidato sambutan yang tertunda. Akhirnya mereka bertemu di masa Nobita dan Doraemon kini, Nobita Dewasa merasa tidak layak menikahi Shizuka dan shizuka bersedia menikahi Nobita karena kasihan.

Dengan menggunakan alat baru bernama Penukar Jiwa, Nobita masa kini dan masa depan bertukar tubuh. Nobita masa depan berusaha menikmati kembali kehidupan masa kecil nya, lalu terlibat perkelahian dengan berandalan anak SMP. Perkelahian terjadi, Shizuka datang menolong dan dihadapan Shizuka ,Nobita menunjukan keberanian nya. Shizuka meminta Nobita jangan memaksakan diri, jadilah Nobita seperti apa adanya.

Adegan ini membuat Nobita Dewasa tersadar, bahwa Shizuka memang tulus menyukai Nobita apa ada nya.

Disisi lain, Kurir Alat baru Penukar Jiwa memberitahu Nobita dan Doraemon bahwa Alat baru tersebut masih memiliki cacat design, dimana jika sudah dipakai 1 jam maka kesadaran kedua pihak akan lenyap.

Disaat terakhir, ketika kedua Nobita sudah kehilangan Kesadaran, Hentakan tangis Doraemon mewujudkan keajaiban, Alat Penukar Jiwa berhasil mengembalikan jiwa mereka masing masing.

Nobita masa kini, dewasa dan Doraemon, lantas bergegas menuju momen pernikahan Nobita Shizuka, namun sebelum itu, Nobita dewasa ingin melihat momen saat dirinya dilahirkan dan kenapa diberi nama Nobita Nobi yang terkesan lemah.

Adegan Nobita melihat hari kelahiranya menjadi salah satu adegan terbaik, para penggemar Doraemon seolah diberikan hadiah indah dengan melihat masa dimana Nobita lahir. Ayah Nobita memilih nama Nobita Nobi dengan harapan ia tumbuh menjadi anak yang sehat.

Menyaksikan hal itu, Nobita Dewasa pun bahagia, ternyata ayah nya tak sembarangan memberikan nama nya, itu adalah doa dan harapan kedua orang tua Nobita pada diri nya.

Saat pidato penyambutan pun tiba, Nobita menceritakan segala kehidupan nya, bahwa dirinya lemah dalam pelajaran dan olahraga, tak sesuai dengan harapan kedua orang tuanya. Tetapi Nobita sadar, ia punya kekuatan besar, yakni menjadi anak baik, yang berguna bagi sesama dan menebus kekalahan nya dengan membangun bahtera rumah tangga seperti kedua orang tuanya, penuh kasih sayang dan cinta.

CONCLUSION

Standy By Me 2 mendadak menyadarkan saya akan pentingnya peran keluarga, siapa yang tak ingin anak nya menjadi handal dan hebat di bidang akademis maupun olahraga. Tetapi pada inti nya bukan hal itulah yang utama, melainkan mampu menciptakan anak yang baik, tulus, berguna bagi sesama, itulah kekuatan besar bagi insan manusia. Kekuatan Moral dan Spiritual, diatas keahlian fisik dan intelektual.

Last, Stand By Me 2 adalah film penuh pelajaran yang relate dengan dunia nyata, sebuah hadiah luar biasa bagi penggemar Doraemon yang menjadi teman hiburan nya sejak kecil hingga dewasa seperti saya sekarang. Oia, ditengah perkelahiran Nobita dan berandal SMP, terselit sebuah “tribute” bagi Bapak Manga Jepang, Osamu Tezuka yang muncul dalam selembar uang kertas yang dikeluarkan Nobita.

Skor : 5/5 – Grafisnya luar biasa memukau, plot cerita penuh makna dan kenangan.

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *