The Rising Taliban

Taliban
Taliban enter the capital – dw

Kasamago.com — Kelompok pejuang bersenjata Muslims, Mujahiddins yang mendapat bantuan senjata, militer, strategi dan logistik dari Amerika untuk melawan penjajahan Uni Soviet di Afganistan pada masa Perang Dingin.

Mujahiddin menang, tahun 1988 Pasukan Uni Soviet di tarik mundur.

Tahun 90an, Mereka menjadi Organisasi Taliban (Taliban dalam bahasa Pashtun artinya adalah “Santri” ) yang kemudian berkuasa di Afghanistan hingga 2001 saat Amerika melakukan Invasi dan berhasil mengusir Afghanistan ke wilayah perbatasan.

Selama 20 Tahun, baku tembak Militer Amerika vs Taliban terus berlangsung. Melahirkan banyak film seperti Hurt locker, Jarhead, the Outpost, dll.

Pasifik

Terpilih nya Barack Obama pada 2009 membuat Kampanye Militer Amerika di afganistan berangsur di kurangi. Seiring ketidakpastian hasil pertempuran melawan Taliban. Mereka terbukti kelompok bersenjata yang Gigih dan kuat bertahan meski hanya Bermodalkan AK 47, RPG dan Dcab Toyota.

Setelah Donald Trump berkuasa, fokus militer amerika di putar drastis ke arah Pasifik guna menghadapi pengaruh China di kawasan ini setelah klaim Nine Dash line chuna yang memancing ketegangan 5 negara sekutu Amerika.

Disisi lain, Arab spring yang di motori Amerika dan NATO mengalami kebuntuan di Syria. Russia turun tangan melindungi syria, membuat militer amerika terpaksa ikut bermain di Bumi syam.

Hal ini membuat kekutan militer Amerika di Timur Tengah yang sudah di kurangi menjadi terpecah.

Pemerintahan Boneka Afghanistan beserta Pasukan ANA (Afghanistan National Army) tidak mampu membawa perubahan bagi Bangsa Afghanistan, ditambah rongrongan Taliban masih jadi mimpi buruk siang dan malam.

Penantian 20 tahun

Pandemik covid 19 yang ditakuti masyarakat dunia juatru menjadi berkah bagi Taliban. Diaaat dunia di sibukan demgan pemberitaan Virus covid bermutasi dan berevolusi, tepat setelah olimpiade tokyo 2020 selesai, Taliban membuat manuever cantik yang menghentak dunia. Taliban jadi trending Topic, hot thread dan Viral di media sosial.

Perjuangan Taliban selama 20 tahun di Afghanistan terbayarkan. kalah, terusir ke pedalaman, perlahan terus merangsek maju hingga ke jantuh kekuasaan.

Mike Pompeo bertemu Pimpinan Kantor Politik Taliban ,Mullah Beradar pada September 12, 2020.

Dalam pertemuan ini, Di duga ada deal politik bahwa Beradar akan di set sebagai President of Afghanistan yang baru.

Dugaan ini di kuatkan fakta ketika Presiden Trump membebaskan Baradar dari Penjara Pakistan di tahun 2018.

Berikut nya Pada 21 Juli 2021, Pangkalan Bargam Sebagai markas militer terbesar Amerika dan Nato di Afghanistan berangsur di tutup. Dampak nya jelas, Pada Kamis 12 Agustus 2021 Taliban making forward dengan sukses menguasai Kota Kandahar dan Herat, kota terbesar kedua di Afganistan.

Ibukota Kabul hanya tinggal menunggu waktu. 3 hari kemudian, Taliban berhasil menguasai Kabul tanpa perlawanan yang berarti, seolah hal ini sudah di skenariokan.

Entah mungkin Amerika sudah lelah dan menyerah dengan Taliban karena energi akan habis membendunghegemoni China.

Namun, hanya hitungan jam bagi china untuk menyatakan siap menjalin kerjasama dan hubungan baik demgan pengUasa baru Afghaniztan..yakni Taliban.. Ini artinya, Timur Tengah akan jadi target China menyingkirkan dominasi Pengaruh Amerika di kawasan ini.

Comments

comments

Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *