Tips perawatan pada Strap Jam Tangan

Jam Tangan
Sport Watch – pic by Shopee

Kasamago.com — Setiap tahun nya saya harus mengganti jam sport baru karena strap karet nya selalu patah atau getas.

Hal ini tentu menjengkelkan karena kondisi jam masih baik namun gagal di gunakan karena tiada nya spare parts strap jam tangan tersebut.

Sebagai fans sejati Jam Tangan Sport (Strap Karet) situasi ini bagaikan karma abadi pemakai Jam Sport. Faktor cuaca, cara penyimpanan dan kualitas strap itu sendiri menjadi biang keladi utama.

TIPS PERAWATAN

Berikut Tips perawatan pada strap jam tangan tergantung pada bahan tali jam tangan :

1. Bahan Rubber/karet, bersihkanlah dengan sabun kemudian sikatlah dengan sikat kecil agar sisa-sia keringat yang menempel pada jam menjadi hilang , bersih, dan tidak menimbulkan jamur dan bau yang tidak sedap.

2. Bahan Rantai/stainless steel, bersihkanlah rantai stainless steel dengan alkohol dan menyikatnya, hal ini akan menghilangkan sisa-sisa keringat pada pergelangan tangan yang menempel pada bagian jam tangan.
Warning : Untuk stainless steel murni tidak akan meninggalkan karat, tapi pada jam-jam kw yang biasanya terbuat dari bahan stainless campuran, biasanya catnya akan rusak, dan kadang menimbulkan karat jika terkena air. Jadi pastikan anda tahu spec rantai jam tangan anda.

3. Bahan kanvas, yang ini mungkin sedikit lebih mudah karena secara fisik hampir sama dengan pakaian. Cuci kanvas, sikat dengan tambahan sabun kemudian tinggal di keringkan (usahakan jangan di jemur di bawah sinar matahari langsung).

4. Bahan kulit,di sini terdapat beberapa cara umum perawatan jam dengan tali kulit :
– Hindari menggunakan atau menempatkan benda tajam pada tali arloji dari kulit.
– Hindari tali arloji dari kulit Anda minimal dua meter dari radiator dan sumber panas lainnya.
– Lindungi tali kulit jam Anda dari sinar matahari langsung. Beberapa kulit, seperti semi-anilin, akan memudar seiring waktu.
– Hindari polusi udara seperti asap cerutu atau rokok dan asap pada saat memasak, yang dapat menyebabkan kulit memudar atau berubah warna.
– Jaga kulit bebas dari debu dengan lap menggunakan kain.
– Bersihkan tali kulit dengan pembersih kulit, minimal hal ini perlu dilakukan sekitar empat kali setahun. Namun, jangan gosok dengan pembersih kulit! Spons lembut sampai semua kotoran dan noda diserap.
– Lepaskan jam tangan anda ketika melakukan beberapa pekerjaan kasar dan menghindari potensi noda korosif.
– Hindari mencuci tangan dengan tali kulit di pergelangan tangan Anda. Tetesan air dapat menyebabkan aus pada tali anda lebih cepat.
– Hindari membawa arloji dengan tali kulit anda pada saat mandi terutama di air laut apalagi jika Anda memiliki tali kulit hiu atau tali kulit buaya, karena air asin akan mempercepat keausan dari tali Anda.
– Jika Anda perlu untuk membilas tali kulit, lakukan dengan air dingin dan air jernih, jangan biarkan rendam tali anda.
– Jika tali Anda basah, keringkan dengan hati-hati dengan kain dan jangan biarkan kering di bawah sinar matahari atau di samping pemanas.
– Jangan memakai jam terlalu ketat karena akan selalu aus lebih cepat. Selalu memakai jam Anda sedikit longgar.

Semoga Bermanfaat bagi Watcher mania.

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *