Tragedi KRI Nanggala 402 dan 3 Film tentang Kapal Selam terbaik

Kapal selam Tipe 209
Tipe U209 – pic by Tribun bali

Kasamago.com —  ,Moto Korps Hiu Kencana, Korps Khusus Kapal Selam TNI Angkatan Laut ini memang bukan main main. “Tabah sampai akhir”, Sebuah tugas dan pengabdian penuh resiko dimana mengandung unsur One Way Ticket alias tiada jalan kembali untuk pulang.

Doa saya panjatkan untuk 53 Kru KRI Nanggala 402, On Eternal Patrol. Tugas selama lama nya, sebuah bentuk penghormatan bagi  kapal perang yang tenggelam dalam tugas, Inilah kejadian kedua kalinya, Indonesia kehilangan kapal selam nya setelah satu unit KRI tipe 206 yang konon tenggelam di awal tahun 2005 silam (baca ; mengenang Kapal Selam Tipe 206 Korps Hiu Kencana )

Tragedi KRI Nanggala 402

Bagi para penggemar Militer atau Fans Boi Militer , Inforamsi terkait Kapal Selam adalah suatu asupan vitamin setiap hari. Sedang bagi masyarakat awam, Tragedi KRI Nanggala 402 adalah Slapping in Disguise, Kapal Selam menjadi Hot and Trending Topic selama 1 minggu, yang membuat publik antusias mempelajari tentang kapal selam.
Bahkan lucu dan ngenes nya masih ada rakyat Indonesia yang ga tau Kapal Selam, Indonesia ternyata punya Kapal selam.. gila nya lagi ada yang komen.. ngapain pake kapal selam segala.. ga penting. Jleb !!

Tragedi KRI 402 membuka mata mereka semua yang minus imformasi dan literasi, khusus nya dari kalangan yang kurang tertarik dunia militer dan Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista).

Seperti yang dunia ketahui, pada Kamis 2 April ~ Minggu 25 April 2021, KRI nanggala 402 hilang jejak, dalam kurun waktu 4 hari itu berbagai upaya dilakukan dari TNI AL serta bantuan negara sahabat. Hingga MV Swift Resque Singapura berhasil mendapat jejak visual Nanggala 402 di kedalaman 830 meter, Palung di laut Utara P Bali.

mV Swift Rescue
mv swift rescue – pic by Tempo

KRI Nanggala 402 adalah jenis kapal selam Diesel Elektrik tipe U209/1300 buatan Jerman Barat tahun 1977 yang dibeli Indonesia pada 1981. Pada tahun 2012, Nanggala di overhaul total di  DSme, Korea Selatan meski sebatas ganti baterai dan sonar buatan Norwegia.

Kapal selam jenis ini di rancang untuk perairan tropis dengan kedalaman maksimal 500 meter, berkapasitas 36 kru. 
Jika KRI Nanggala 402 mengalami trouble lalu terjun bebas ke palung sedalam 830 meter, jelas suatu malapetaka karena bodi kapal selam akan mengalami Implosion, ledakan ke dalam.

Keanehan Insiden Nanggala

U 209 Ideal nya hanya memuat 34 awak, namun dalam insiden memuat 53 awak. Termasuk sangat jarang Laut Bali di pilih sebagai zona latihan mengingat terdapat arus kuat dan palung yg dalam, dimana Kapal Selam terbaik di dunia saat ini Astute class, Yasen class, Virginia class, 039A class dengan jangkauan selam 500 ~ 800 meter saja menghindari zona berPalung dalam latihan perang.

Dalam Konferesi Pers TNI AL, U 209 tidak mengalami BlackOut seperti yang diberitakan, power masih menyala. S.O.P Subs Dive pun sudah dijalankan alias tiada human error.

Muncul analisa politis dari para pakar pertahanan terkait adanya skandal mafia yang merusak performa perawatan dan sparepart Alutsista termasuk Kapal Selam. Ada dugaan upaya Pelemahan Kekuatan TNI.. Modernisasi TNI berjalan konsisten dan mantab di era SBY, di era Jokowi umum nya hanya hasil kelangsungan program era SBY, tiada Modernisasi baru, di tambah Marak nya pelanggaran kedaulatan yang dilakukan Militer China.

Hasil Final faktor penyebab Nanggala baru dapat di telaah jika Body Nanggala dapat di daratkan, yang kini sedang di upayakan.

Di sisi lain Muncul dugaan Agenda tersembunyi negara asing yang membantu pencarian dan evakuasi Nanggala, eksplorasi harta karun bawah laut. Dimana di Indonesia ada 3 titik vital lokasi Harta Karun, yakni Selat Malaka ,Laut Bali ~ Lombok, dan Maluku.

Lalu ada Analisa dari Dr Rachel Pawling, Dosen Naval Architecture University college London yang tidak menyampingkan adanya serangan berplatform boost glider missiles, yakni Smart Underwater Drone dengan hulu ledak berjenis emp (electromagnetic pulse) yang membuat semua fungsi elektris kapal selam mati total.

Well, semua masih sebatas Analisa dan Opini, apapun dapat terjadi.. namun mengingat ketat dan disiplin nya prosedur pengoperasionalan Kapal Selam, sulit diterima jika faktor external dilupakan meski tiada bukti yang menopang.

Sindiran publik bagi Pemerintah datang dari Masjid terkenal Jogja, Jogokaryan yang membuat event Donasi bertajuk “Sumbangan untuk membeli Kapal selam pengganti KRI Nanggala 402” yang lalu di Endorse Ustadz Abdul Somad, Sudah saatnya Alutsista Uzur di istirahat kan dan diganti baru.

3 Film Terbaik Tentang Kapal Selam

film kapal selam
ghazi attack – pic by goldensinopsis

Masyarakat mulai giving attention pada dunia kapal selam akibat Tragedi ini, berikut Rekomendasi film terbaik tentang kapal selam. Meski film namun gambaran tentang sepak terjang Film cukup akurat.

1. Ghazi Attack (2017) , Berlatar Perang Pakistan dan India di tahun 1971. Berkisah tentang Kapal Selam Pakistan, PNS Ghazi yang ingin menghancurkan Kapal Induk Kebanggaan India, INS Vikrant. India mengirim Kapal Selam INS Karanjt untuk melawan PNS Ghazi.

2. Hunter Killer (2018),  Kisah Kapal Selam modern Amerika Kelas Virginia, USS Arkansas yang berusaha menyelamatkan Kudeta militer di Rusia.

3. Steel Rain 2 ; the Summit (2020) , Film korea ini full fiksi dan action, Berkisah tentang Aksi sekelompok pemberontak Korea Utara yang berkoalisi dengan Faksi china dan jepang, menahan Presiden Korea Utara, Korea Selatan dan Amerika di dalam kapal nuklir berpeluru kendali pertama Korea Utara, KPN Paektu Submarine.

Last, Kapal Selam sejati nya bukanlah suatu dunia yang bebas diketahui publik karena sifat dan jenis nya sebagai Alutsista Strategis dan Pemungkas, Tak mudah terdeteksi lawan ! Indonesia hanya punya 4 Kapal selam pun itu belum tentu benar, karena berseliweran clue Indonesia memiliki Kapal Selam bervariasi  (baca ; Daftar Alutsista Dahsyat TNI ).

 

 

Comments

comments

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *